Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

10 Tanda Anda Mengalami Kelelahan Emosional dan Cara Mengatasinya

20 Juni 2019   08:29 Diperbarui: 21 Juni 2019   09:04 0 6 6 Mohon Tunggu...
10 Tanda Anda Mengalami Kelelahan Emosional dan Cara Mengatasinya
https://www.liputan6.com/bisnis/read/2372228/6-tanda-anda-kelelahan-kerja

Tidak ada orang yang bebas dari kelelahan baik fisik apalagi kelelahan yang sifatnya emosional. Orang yang sehebat apapun pasti mengalami masa-masa sulit yang tidak terhindarkan. Ada kalanya, tangki rohani Anda mencapai titik nadirnya, yaitu kosong dan nyaris tidak berdaya untuk bangun.

Ketika mengalami kelelahan itu artinya saatnya untuk mengambil waktu untuk beristirahat agar pulih kembali dan bisa melanjutkan perjalanan Anda, meneruskan aktivitas dan pekerjaan Anda.

Jangan pernah berusaha untuk melawan kelelahan yang muncul karena akibatnya sangat fatal bagi diri sendiri. Mungkin saja di awal tidak terasa, tetapi terus menerus melawan kelelahan hanya akan menciptakan masalah yang lebih besar bagi diri sendiri.  

Kelelahan fisik mungkin tidak terlalu sulit untuk mengatasinya. Misalnya, kurang tidur akan menyebabkan mengantuk yang akan membuat fisik Anda akan lelah. Dan cara mengatasinya juga tidaklah sulit, yaitu mengambil waktu istirahat dan kembali ke tempat tidur. Dipastikan fisik akan pulih kembali dan siap untuk bertempur melanjutkan aktivitas dan pekerjaan.

Karena terlalu sibuk menyebabkan Anda lupa makan teratur sehingga perut yang sering kosong akan menyerang syaraf dan bawaannya antara lain sakit kepala, migren sebelah atau yang lainnya. Cara mengatasinya juga tidak sulit, yaitu makanlah secara teratur pada jam yang sama setiap hari baik pagi, siang dan malam. Serta menu yang teratur dan volume yang terkontrol. Dijamin tetap bugar.

Akan tetapi, kelelahan emosional berbeda dengan kelelahan fisik. Tidak mudah untuk mengetahui kapan Anda sedang kelelahan emosional. Dan dengan demikian seringkali orang mengabaikannya. Karena tidak paham tanda-tanda kelelahan emosional, maka juga tidak ada tindakan untuk mengatasinya. Dan akibatnya sangat fatal adanya, terutama setelah masalah muncul dan akarnya adalah dari kelelahan emosional yang dialami.

Coba lihat pengalaman Elia, salah satu nabi paling penting dalam sejarah Israel. Setelah sukses dengan pelayanannya- ia menantang nabi-nabi Baal dan menang dengan kuasa Allah ia kemudian mendapat ancaman pembunuhan dari sang ratu dan mulai merasa berkecil hati karena ia telah letih secara emosional.

“Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana. Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku" ~ 1 Raja-Raja

Belajar dari pengelaman hidup yang di alami oleh nabi Elia, paling tidak ada 10 tanda yang memperlihatkan sedang terjadinya kelelahan emosional, yaitu :

  1. Ketakutan merangkak masuk ke dalam hidup Anda.
  2. Anda mendapati diri Anda melarikan diri dari berbagai situasi
  3. Anda menarik diri Anda dari berhubungan dengan orang lain.
  4. Anda membuat keputusan bodoh secara impulsif.
  5. Anda memaksakan diri Anda melebihi batasan fisik Anda.
  6. Yang Anda kerjakan kelihatan sia-sia.
  7. Anda mengeluh ingin berhenti dan menyerah.
  8. Anda merasa terisolasi dan diserang.
  9. Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain dan merasa kasihan pada diri Anda.
  10. Anda berpikir kematian akan memberi kelegaan.

Kenali dan pahami dengan baik dan benar ke 10 tanda kelelahan emosional diatas. Artinya, apabila Anda melihat dan meraskan beberapa dari ciri-ciri ini di dalam hidup Anda saat ini, kemungkinan besar Anda letih secara emosional atau merasa kelelahan. Bahkan mungkin saja yang dialami lebih berat dari lelah saja, karena sesungguhnya  Anda sedang depresi.

Untuk membantu Anda dalam mengenali tanda-tanda kelelahan emosional ini, lakukan sendiri evaluasi diri dengan mengajukan sejumlah pertanyaan pada diri sendiri, terkait dengan 10 indikator diatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x