Mohon tunggu...
yunita safitri
yunita safitri Mohon Tunggu... -

NAMA: YUNITA SAFITRI NIM: E1S014050

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode dan Media Saling Berhubungan

2 April 2015   11:59 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:38 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

METODE DAN MEDIA SALING BERHUBUNGAN

Multi metode merupakan cara-cara yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang di mana pada dalam instansi, lembaga maupun majelis. Dalam proses tersebut terjadi interaksi atau timbale balik antara guru dan peserta didik, guru sebagi penyalur atau sumber ilmu, informasi sedangkan peserta didik sebagi penerima informasi tersebut, kita perlu mengetahui dan memahami bahwa antar pendidik dengan peserta didik saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan.

Keduanya mempunyai tujuan yang sama yakni untuk menjadi yang lebih baik, akan tetapi pendidik harus lebih pandai dalam memilih metode dalam proses belajar mengajar. Harus disesuaikan dengan tingkat peserta didik, kondisi peserta didik, kondisi waktu pembelajaran tersebut berlangsung.

Ada beberapa metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di antaranya :

·Metode ceramah, metode ini banyak dilakukan oleh para guru dalam mengajar di karenakan mereka tidak tahu dalam menggunakan metode apa karena peserta didiknya sangat nakal

·Metode diskusi

·Metode musyawarah

·Metode bermain peran minsalkan dalam drama

·Bercerita

Sebaiknya guru yang mengajar di tingkat SLTA harus memiliki wawasan yangluas mengenai ilmu pengetahuandan cara mengajar yang tannguh karena pada tingakat SLTA tersebut merupakan tahap persiapan atau dengan kata lain proses pematangan baik pemikiran, sikap serta mentalmenuju pendidikan terakhir yakni perguruan tinggi.

Akan tetapi keinginan tidak sesuai dengan kenyataan yang nampak pada saat ini sebagian peserta didik tidak berpikir kedepan karena mereka masih mengandalkan fisik dan kebahagiaan pada saat itu saja melainkan mereka menghabiskan waktu dengan bersenda gurau.

Untuk melengkapi hal tersebut pendidik harus benar-be penringnar focus memperhatikan multi metodepengajaran, metode yang paling pantas diterapkan metode diskusi, dalam metode tersebut pengajar membagi pserta didik menjadi bebrapa kelompok, dan setiap kelompok mempunyai topik untuk membuat makalah masing-masing dan di pertanggug jawabkan atau di persentasikan dengan tjuan untuk melatih peserta didik dalam bebricar di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat dan yang paling penting saling menghargai.

Metode disina sanagtlah penting dalam proses pembelajaran karena dengan adanya metode guru akan mudah dalam proses pembelajaran, apabila metode yang digunakan adalah diskusi maka guru harus mengetahui bagai mana cara untuk menjalankan diskusi dan bagiamana untk membagi materi terhadap peserta didikya sesuai dengan urutan kelompoknya masing-masing.

Metode dan media sangat di perlukan dalam proses pembelajaran jika salah satu diantara keduanya itu tidak ada maka proses pembelajaran idak akan sesuai dengan keinginan yang di ininkan oleh guru dan peseta didik, jadi media disini juga sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan peserta didik.

Media merupakan alat pendukung dalam proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah, media ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik sehingga para guru sangat membutuhkan media pada saat proses pembelajaran, dengan menggunakan multi media sanagt mempermudah guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang di lakukan di dalam kelas.

Sebagai guru kita harus mampu untuk mengunakan berbagai media yang ada disekolah tersebut agar lebih mudah dalam proses pembelajaran, jika media yang digunakan adalah LCD maka guru dan peserta didik harus mampu untuk mengoprasikan LCD yang ada, apabiala dalam penyampaian materi dalam bentuk gambar, dan lain-lain maka akan lebih mudah untuk di perlihatkan di depan peserta didik dengan menggunakan media tersebut.

Bukan hanya LCD saja tetepi ruangan juga harus mendukung dalam proses pembelajaran karena jiak ruangan yang digunakan sempit maka akan menggangu proses pembelajaran, sarana dan prasarana juga harus mendukug dalam proses pembelajaran.

Sebagai guru yang profesional kita harus mampu untuk memprgunakan berbagai macam media dalam proses pembelajaran, jika guru menggunakan media yang ada maka akan memprmudah untuk proses pembelajaran dan bisa juga tidak terpaku sama buku tetapi melainkan gambar yang di tampilka di depan kelas.

Jika media yang di iniginkan sudah terpenuhi maka proses pembelajaran yang di iniginkan juga akan maksimal, peran guru di sisni sebagi fasilitator dalam pembelajaran keren guru yang memberikan informasi kepada peserta didik bagaimana cara untuk mempergunakan media yang sudah ada.

Jadi metode dan alat sama-sama penting dalam proses pembelajaran sehingga keduanya tidak bisa di pisahkan, minsalkan dalam pembelajaran saat terjadi persentasi maka pada saat itu LCD sangat dibutuhkan karena untuk memperlihatkan atau menampilakan hasil kerja kelompok yang pesentasi di depan tersebut.

Dengan adnya LCD yang di sediakan oleh sekolah maka akan mempermudah para peserta didik dan guru saat penyampian materi yang dilakukan oleh guru maupun peseta didik agar hasil yang di ingikan maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun