Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Pelajaran Penting yang Bisa Diambil dari Teori Himpunan

17 November 2021   15:00 Diperbarui: 19 November 2021   03:46 678 28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perbedaan adalah sebuah  keniscayaan, Sumber gambar: Kompas.com

Pelajaran kehidupan apa yang bisa diambil dari matematika? Banyak, satu diantaranya adalah toleransi. Toleransi  adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik antar individu maupun kelompok. Betapa pentingnya menanamkan  toleransi untuk menghadirkan perdamaian dalam keberagaman.

Bagaimana matematika bisa menanamkan toleransi? Tulisan saya kali ini akan mencoba menjawabnya.

Satu materi matematika yang dipelajari di kelas 7 semester 1 adalah himpunan. Materi himpunan seolah mengajak siswa kembali ke masa awal SD dimana mereka diajak belajar matematika dengan gambar yang bermacam-macam.

Dalam pembelajaran materi ini, siswa selalu antusias saat diminta untuk menyebutkan contoh-contoh himpunan. Jawaban mereka sangat beragam tak ubahnya seperti zaman saya sekolah dulu.

Dulu saat siswa diminta menyebutkan contoh himpunan, yang paling sering muncul adalah himpunan warna pelangi, himpunan binatang ternak, himpunan binatang yang berkembang biak dengan bertelur atau himpunan warna lampu lalu lintas. 

Namun kini contoh siswa lebih bervariasi. Meski himpunan hewan berkaki empat, hewan unggas tetap keluar, namun ada juga contoh menarik lain yaitu himpunan stasiun televisi di Indonesia, himpunan sosmed yang banyak dipakai, atau himpunan nama- nama merk HP. Hmm.. zaman benar benar sudah berubah.

Pelajaran himpunan di TK dan SD, dokumentasi pribadi
Pelajaran himpunan di TK dan SD, dokumentasi pribadi

Teori Himpunan

Himpunan adalah kumpulan obyek yang sifat keanggotaannya didefinisikan dengan jelas.

Jelas disini berarti sudah ada patokan yang sama untuk setiap orang. Contoh kumpulan yang merupakan himpunan adalah kumpulan bunga yang berwarna merah, kumpulan binatang berkaki dua juga kumpulan warna pelangi.

Bandingkan contoh di atas dengan  kumpulan bunga yang indah, kumpulan artis yang cantik dan kumpulan binatang yang lucu.

Kumpulan tersebut bukan himpunan karena indah menurut satu orang belum tentu indah menurut orang lain. Demikian pula untuk cantik dan lucu, setiap orang mempunyai standar yang berbeda.

Dalam himpunan dikenal himpunan semesta. Semesta adalah himpunan yang memuat anggota himpunan yang dibicarakan. Sebagai contoh jika terdapat himpunan P ={2,4,6,8,10}, Q={2,3,5,7} dan S={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10} . S adalah himpunan semesta karena semua anggota P dan Q termuat dalam S.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan