Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Derita Karyawan Baru, Banyak Tanya Salah, Tidak Tanya Bikin Masalah

24 April 2021   17:06 Diperbarui: 24 April 2021   23:50 225 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Derita Karyawan Baru, Banyak Tanya Salah, Tidak Tanya Bikin Masalah
Ilustrasi | Source : freepik.com

Ada meeting mendadak di divisi purchasing warehouse.

Meeting kali ini benar benarmendadak karena dilakukan sesaat setelah selesai istirahat siang, dimana beberapa karyawan masih belum kembali ke posisinya.

Usut punya usut rapat mendadak ini diadakan karena Putri (bukan nama sebenarnya) salah melakukan pembelian, material kain untuk sepatu yng seharusnya hanya dibeli 5 meter, tapi malah dibeli sampai 5000 meter.

Tentu ini adalah kesalahan fatal yang membuat pabrik rugi, sementara pembelian sudah terlanjur dilakukan, Thomas si manajer warehouse mengomel tak habis habis, sementara Stevan yang merupakan leader, atasan langsung Putri, berusaha mengontak supplier tersebut supaya membatalkan pembelian tersebut.

Tidak Tanya Bikin Masalah.

Pada akhirnya pembelian tersebut sudah tidak bisa dilakukan, karena Supplier sudah terlanjur memproses pemesanan tersebut. Sebenarnya hal ini bukan sepenuhnya salah Putri, Dia hanya menjalankan instruksi, sebagaimana tugas dari purchasing dia hanya melakukan pemesanan sesuai dengan data yang dia dapatkan dari divisi PDA.

Jika dirunut memang kesalahan ada pada divisi PDA, yang bertugas untuk menghitung kebutuhan material dan meneruskannya pada divisi Warehouse Purchasing, namun karena divisi PDA kebanyakan adalah orang-orang lama, sementara divisi Warehouse Purchasing berisi anak-anak bawang yang baru bekerja di pabrik tersebut.

Ilustrasi kejadian yang menimpa Putri | Source : freepik.com
Ilustrasi kejadian yang menimpa Putri | Source : freepik.com
Cuplikan kejadian ini adalah hal yang saya alami saat masih bekerja di sebuah pabrik sepatu di Brebes, posisi saya sebenarnya sama saja dengan Putri yaitu anak bawang di divisi Warehouse Purchasing. 

Karena memang karyawan baru wajar jika kami menemukan banyak hal yang membingungkan, kami biasanya dihadapkan pada dua pilihan yaitu bertanya dan bertanya dan meminta keputusan dari atasan atau tidak bertanya dan inisiatif dan mengambil keputusan sendiri.

Banyak Nanya Juga Salah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN