Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Dongeng Warisan dari Bapak

23 Maret 2020   19:35 Diperbarui: 23 Maret 2020   20:09 100 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dongeng Warisan dari Bapak
Ilustrasi mendongeng (Sumber: freepik.com)

Sewaktu saya kecil, setiap sebelum tidur, bapak selalu mendongengkan kisah Si Kancil

Tapi semenjak saya dikhitan dan beranjak remaja, bapak mulai jarang dan malah tidak pernah mendongengkan kisah Si Kancil untuk saya sebelum tidur, entah karena beliau sudah kehabisan cerita dongeng Si Kancil yang mana lagi, atau karena sudah merasa sempit saat harus tidur dengan saya.

Bapak saya adalah seorang guru matematika, kemampuan berhitung dan hal hal yang berkaitan dengan logikanya jangan ditanya lagi, tapi untuk kemampuan berkomunikasi dan berbahasa beliau tidak begitu bagus, tapi entah saat mendongengkan kisah Si Kancil bapak sangat lancar dan menyampaikannya dengan begitu bagus.

Dongeng Turun Temurun.
Saya juga heran dari mana bapak mengetahui kisah dongeng Si Kancil, karena buku buku yang sering saya lihat dibaca oleh bapak adalah buku buku yang berkaitan dengan teori matematika, bacaan lain yang dibaca beliau adalah koran, tapi di koran hanya ada berita dan tidak ada kisah dongeng setahu saya.

Ternyata bapak mengetahui cerita dongeng si kancil tersebut dari bapaknya, atau kakek saya, entah kakek mengetahui cerita Si Kancil dari mana, saya tidak bisa bertanya kepada beliau karena beliau sudah meninggal sebelum saya lahir.

Berkat dongeng Si Kancil yang diceritakan oleh bapak, saya lebih dulu mengetahui cerita Si Kancil sebelum saya diperkenalkannya di SD ataupun di majalah Bobo, ini menjadikan saya selangkah lebih depan dibandingkan teman teman saya.

Di saat teman teman saya belum tahu saya jadi lebih dulu tahu daripada mereka. Hal tersebut membuat prestasi saya sewaktu SD cukup bagus, hampir tiap tahun saya langganan menjadi juara kelas.

Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak.
Menurut psikolog Monica Sulistiawati salah satu manfaat mendengarkan dongeng untuk anak anak adalah mengembangkan kemampuan kognitif, melalui dongeng anak mendapat berbagai informasi, sehingga anak dapat mempelajari seba akibat dari suatu kejadian serta belajar menganalisa keadaan.

Saat bapak saya mendongengkan kisah Si Kancil, kadang kala ada beberapa kata atau istilah yang tidak saya mengerti, ini yang membuat saya sering bertanya, dan biasanya bapak menjelaskan secara lebih terperinci tentu dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak kecil. Dari situlah timbul sifat kritis dalam diri anak yang membuat anak menjadi cerdas karena selalu ingin tahu.

Dongeng juga melatih daya imajinasi dan kreatifitas anak, untuk anak hal hal yang berkiatan dengan imajinasi sangat penting untuk tumbuh kembang anak, selain itu yang terpenting adalah memberikan kedekatan emosional antara orangtua dan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN