Mohon tunggu...
Yudi Hamdan Dardiri
Yudi Hamdan Dardiri Mohon Tunggu... Guru - Matematika

SMPN 2 Talaga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mulai dari Diri Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

30 September 2021   22:32 Diperbarui: 4 Oktober 2021   05:31 12863
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Dalam Aktivitas pembelajaran Mulai Dari Diri Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Peserta mampu memberikan tanggapan terhadap beberapa pertanyaan pemantik. 

1. Apa yang Anda ketahui tentang program sekolah yang berdampak pada murid?

Program yang dibuat, disusun dan disepakati oleh sekolah dari data hasil analisis kebutuhan peserta didik dijadikan sebagai rujukan seperti minat. Pengembangan potensi/kekuatan/sumber daya manusia khususnya murid menjadi sasaran utama program sekolah yang berdampak murid.

2. Sejauh mana sekolah sudah memanfaatkan kekuatan sekolah untuk dijadikan program yang berdampak kepada murid?

Selama ini sekolah telah memberikan keleluasaan penuh kepada guru untuk mengembangkan proses belajar yang dapat mengeksplorasi kemampuan peserta didik sebagai modal manusia. Bahkan setiap guru dianjurkan untuk mengelola atau memanfaatkan modal lingkungan alam untuk dijadikan sumber belajar seperti berkunjung langsung ke petani di sawah dan di kebun dengan hanya berbincang santai menggali informasi terkait hasil alam dan mata pencaharian. Guru terkadang melakukan kunjungan ke kantor pemerintahan desa hanya untuk mengetahui bagaimana bentuk penyajian data yang menarik dan tepat dari data-data yang berhubungn dengan masyarakat sekitar seperti gambar presentasi pengumpulan pajak perblok dalam satu desa.  

3. Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?

Bentuk Program sekolah seperti apa yang dapat mewakili dan mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik sehingga program tersebut  berdampak kepada murid

4. Apa yang menjadi harapan Anda sebagai calon guru penggerak dalam memaksimalkan potensi sekolah untuk dijadikan program sekolah yang berdampak pada murid?

Adanya proses yang melibatkan seluruh warga sekolah untuk mengidentifikasi potensi yang dmiliki sekolah yang selanjutnya mengolah dan memanfaatkan potensi tersebut untuk meningkatkan ekosistem pendidikan yang berpihak pada murid. Potensi yang dimiliki sekolah dijadikan dasar dalam penyusunan program yang berpihak pada murid. Harapannya dengan data tersebut memudahkan pihak sekolah untuk membuat program sekolah yang berpihak pada murid.

5. Pengetahuan, pengalaman, dan manfaat apa saja yang ingin Anda dapatkan dari modul ini?

  • Bagaimana cara membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid secara berkelompok.
  • Mendalami materi terkait bentuk-bentuk program sekolah,
  • Mampu mengidentifikasi tahapan membuat program
  • Mampu membuat program yang berorientasi pada kepemimpinan murid

Salam bahagia dan merdeka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun