Mohon tunggu...
Yudha SetyaNugraha
Yudha SetyaNugraha Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Ilmu komunikasi UAJY

Communication Studies Student. Automotive and games Enthusiastic. Still developing, still learning. Jomblo dan bahagia. I always gave my best in every article.

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Yakuza 0 yang Menarik Penggemar Baru dan Memuaskan Penggemar Lama

18 Juli 2021   10:08 Diperbarui: 18 Juli 2021   10:51 393 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakuza 0 yang Menarik Penggemar Baru dan Memuaskan Penggemar Lama
Kazuma Kiryu, salah satu protagonis yang kita mainkan di game ini. Sumber Gambar: yakuza.fandom.com

Menyambut perilisan Lost Judgment dari Ryu Ga Gotoku Studio. Tidak salah kalau kita melihat kembali salah satu game Yakuza terbaik ini.

Perilisannya Membangkitkan Franchise Yakuza 

Yakuza 0 (dibaca zero) atau Ryu Ga Gotoku 0 dirilis tanggal 12 Maret 2015 di Jepang dan tanggal 24 Agustus 2017 secara worldwide. Game ke enam mainstory Yakuza ini membawa gelombang baru penggemar karena fitur dan gameplay yang dihadirkan begitu menarik, terutama untuk pemain di luar Jepang.

Nama Ryu Ga Gotoku memang besar di Jepang namun untuk versi translasi worldwide nya tidak begitu mempunyai banyak penggemar. Nama Yakuza pun sempat sakratul maut saat Yakuza 5  (2012) tidak mendapatkan rilis fisik di pasar worldwide dan spin off game mereka Yakuza Dead Soul (2011) mendapatkan respon yang buruk.

Perilisan Yakuza 5 sempat membawa Yakuza series sakratul maut. Sumber gambar: yakuza.fandom.com
Perilisan Yakuza 5 sempat membawa Yakuza series sakratul maut. Sumber gambar: yakuza.fandom.com

Kelemahan terbesar dari Yakuza series selama ini adalah selisih perilisan worldwide yang begitu jauh dari perilisan Jepang, membuat hype untuk game Yakuza sering sudah hilang saat perilisan worldwide-nya. Maklum karena Yakuza merupakan game yang text heavy sehingga menerjemahkan dan melokalisasikan text dari gameplay bukanlah sesuatu yang mudah.

Namun jika jeda yang terjadi antara perilisan Jepang dan worldwide-nya terlalu panjang maka Yakuza tidak bisa membuat momentum yang diperlukan. Salah satu contohnya adalah Yakuza 5 yang dirilis tahun 2012 di Jepang namun baru dirilis tahun 2015 secara worldwide itupun tanpa perilisan copy fisik.

Yakuza 0 dirilis tahun 2015 di Jepang dan somehow karena banyaknya review bagus dari Jepang membuat hype yang dibangun terjaga hingga perilisan worldwide-nya tahun 2017.

Kepopuleran Yakuza 0 membuat nama Yakuza naik kembali di pasar worldwide. Bahkan fanpage Sega dan Ryu Ga Gotoku Studio yang tadinya hanya memiliki 2000 follower internasional melejit hingga 50.000 follower internasional pada tahun itu.

Menjadi Starting Point yang Bagus untuk Penggemar Baru 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x