Apa itu Otodriver
Otodriver adalah sebuah media otomotif yang memfokuskan diri kepada konsumen mobil di Indonesia.
Otodriver didirikan oleh Fitra Eri, seorang pembalap kawakan yang benaung di bawah team balap Honda Bandung Center pada tahun 2015.
Bertujuan untuk membantu konsumen mobil Indonesia dalam memilih mobil dengan memberikan referensi yang baik lewat review dan peliputan yang mereka lakukan. Otodriver hadir sebagai media baru yang ada di Indonesia.
Sebagai media baru, Otodriver memiliki 2 basis penyebaran informasi. Pertama melalui website mereka Otodriver.com dan channel Youtube mereka di Otodriver.
Apa itu Media Baru?
Media baru merupakan media yang terhubung satu sama lain atau dengan kata lain saling terintegrasi (Widodo, 2020, p13).
Intergasi ini dapat muncul karena adanya internet yang memungkinkan konektivitas antara media satu dengan media yang lainnya. Sehingga media baru dapat dikatakan sebagai media yang berhubungan dengan komputer (Widodo, 2020, p13).
Media baru sangat bergantung pada komputerisasi dalam menyebarkan informasi (Widodo, 2020, p13). Karenanya Media Baru dapat dijelaskan lewat 6 hal baru yang dia bawa antara lain:
- Pengalaman Textual baru
- Cara Baru memperkenalkan Dunia
- Relasi baru antara pengguna media dengan teknologi media.
- Pengalaman relasi yang baru antara perwujudan identitas dengan komunitas
- Konsep baru antara tubuh dan teknologi media baru
- Pola baru organisasi dan produksi (Widodo, 2020, p13-14)
Karakteristik Media baru
Media baru kemudian memiliki karakteristik yang dirumuskan oleh Martin Lister yakni:
- Digital
- Interaktif
- Hypertextual
- Global (Networked)
- Virtual
- Simulated (Widodo, 2020, p14-16).
Sekarang mari kita lihat apakah Otodriver.com sudah memiliki karakteristik media baru seperti diatas.
Digital.
Poin yang pertama adalah Digital.
Digital diartikan bahwa segala informasi yang terdapat di Otodriver sudah "terdigitalisasi" atau tersimpan secara digital yang ditransmisikan dengan kode biner  0 dan 1.
Digitalisasi dapat membuat semua bentuk informasi dapat disimpan dengan bentuk baru dan memungkinkan untuk dikompres menjadi bentuk yang lebih kecil dan dapat disimpan dengan bentuk lain selain bentuk fisiknya (Widodo, 2020, p14).
Digitalisasi ini memunculkan Konvergensi media, dimana hal ini memungkinkan situs media untuk melakukan perpaduan bentuk informasi dan tidak hanya berhenti di teks saja (Widodo, 2020, p14).
Segala Informasi yang ada di Otodriver.com dapat dengan mudah diakses dan disimpan di dalam bentuk apapun. Seperti di salin kedalam file komputer, linknya bisa disimpan dan dapat diunduh kapan saja.
Interaktif
Kedua adalah Interaktif.
Media baru cenderung bersifat 2 arah hal ini memungkinkan terjadinya hubungan interaktif antara media dengan pembacanya (Widodo, 2020, p15).
Berbeda dengan media konvesional yang bersifat satu arah, peningkatan interaktivitas dalam media baru dapat dilihat dari tindakan sederhana konsumen seperti meninggalkan like, komen dan juga bisa dengan membagikan konten yang dibaca.
Hal ini menimbulkan budaya yang lebih partisipatif dari konsumen.
Lewat channel youtubenya Otodriver dapat melakukan interaktivitas dengan konsumennya lewat kolom komentar yang ada. Tidak jarang juga mereka menjawab pertanyaan yang ada dikolom komentar.
 Hypertextual.
Poin ketiga adalah Hypertextual.
Hypertextual berguna untuk mencari halaman yang dicari konsumen dengan mudah melalui tautan link atau rekomendasi yang muncul didalam media tersebut.
Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kebebasan dalam memilih bagaimana mereka menavigasi informasi sesuai dengan perferensi mereka sendiri-sendiri (Widodo, 2020, p15).
Otodriver.com memiliki kolom rekomendasi yang ada disetiap halaman mereka baik itu beranda maupun saat membaca berita. Kita langsung diberikan rekomendasi yang sekiranya cocok dengan preferensi kita. Lalu di Channel Youtube mereka juga terdapat link yang dapat langsung menghubungkan konsumen ke website utama mereka.Â
Networked.
Keempat adalah Networked.
Media baru harus dapat menjangkau hingga kebagian pelosok masyarakat yang lebih luas. Hal ini dimungkinkan karena adanya jaringan Internet yang membuat informasi semakin mudah dan luas untuk diperoleh daripada sebelumnya (Widodo, 2020, p16).
Otodriver dapat diakses dimana pun lewat website mereka Otodriver.com yang bisa dengan mudah diakses dengan jaringan Internet.
Virtual.
Virtual adalah poin kelima dan dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang terlihat nyata. Hal ini dapat dilakukan media baru yang dapat menimbulkan unsur audio-visual yang baik (Widodo, 2020, p16).
Hal ini seolah membuat kita seperti melihat bentuk aslinya secara tatap muka walau tidak melihat secara langsung.Â
Otodriver memadukan pengalaman mengemudi mobil mereka lewat video youtube dan menjelaskan dengan rinci dengan berita textual mereka diwebsite Otodriver.com.
Simulated.
Terakhir ada Simulated.
Dapat dikatakan bahwa level simulated berada diatas Virtual. Simulated dapat memberikan kesan yang nyata didalam media baru tersebut. Hal ini menggabungkan seni dan penggunaan teknologi (Widodo, 2020, p16).
#PNDUAJY2020