Mohon tunggu...
Yuanita Fatmawati
Yuanita Fatmawati Mohon Tunggu... Mahasiswi Hubungan Internasional UNS

Tertarik mempelajari bahasa baru dan sejarah Kerajaan Inggris

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa UNS Laksanakan KKN Dengan Memberikan Pengajaran kepada Siswa SD

30 September 2020   10:00 Diperbarui: 30 September 2020   14:09 3 0 0 Mohon Tunggu...

Wonosobo, (30/09/20) Ditengah status pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh Indonesia, Universita Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengadakan Program KKN Tanggap Wabah Covid-19 yang wajib dilaksanakan mahasiswa secara mandiri di lingkungan mereka masing masing. Program KKN Tanggap Wabah Covid-19 merupakan bentuk pengabdian masyarakat di tengah pandemi dengan memberikan informasi mengenai Covid-19 yang bertujuan memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

Yuanita Fatmawati (21) sebagai salah satu relawan dari Program KKN Tanggap Wabah Covid-19 melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Selokromo, Rt 02 Rw 07, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo. Salah satu program yang dilaksanakannya adalah memberikan pengajaran kepada anak anak SD di wilayah Rt 02, Rw 07 Desa Selokromo.  Program ini dilaksanakan lantaran banyak anak di Desa Selokromo yang memiliki keterbatasan kepemilikan smartphone sehingga tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain itu juga banyak anak yang merasa tidak efektifnya pembelajaran melalui sistem daring sehingga menjadikan mereka sulit untuk memahami apa yang dijelaskan oleh guru khususnya mata pelajaran matematika.

Selama pelaksanaan program ini Yuanita mengundang beberapa anak dengan jumlah maksimal 10 orang untuk datang ke rumahnya dan ikut belajar matematika bersama atau mata pelajaran lain yang anak anak masih belum memahami. Proses pembelajaran juga tetap melaksanakan protokol anjuran pemerintah dengan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak aman. Kebiagatan pembelajaran dimulai dengan menanyakan kepada anak anak yang berpartisipasi mengenai materi apa yang masih belum dipahami dan kemudian kami bahas bersama sama. 

Selain memberikan pengajaran kepada anak SD, program lain yang dijalankan Yuanita antara lain mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker dan cuci tangan kepada anak anak, memberikan informasi mengenai Covid-19 melalui media sosial, membagikan berbagai ide bisnis untuk membantu mengembalikan perekonomian. 

Kegiatan KKN Tanggap Wabah Covid-19 ini diharapkan dapat membantu anak anak untuk dapat belajar dan memahami pelajaran yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru, memberikan pemahaman yang lebih lanjut kepada masyarakat mengenai Covid-19 sehingga kedepannya masyarakat dapat lebih dapat mematuhi protocol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN