Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Dilarang Menilai Postingan Sendiri

13 Agustus 2022   12:20 Diperbarui: 13 Agustus 2022   12:32 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dilarang Menilai Postingan Sendiri (dokpri)

Judul dan gambar di atas adalah satu peringatan yang muncul, saat saya secara iseng mencoba memberi penilaian, pada postingan milik sendiri di Kompasiana. Sebenarnya ini sudah cukup lama ada, tapi masih menjadi satu hal unik yang dipertahankan di platform blog keroyokan tersayang.

Berbeda dengan platform media sosial, menilai postingan sendiri adalah satu hal yang masih diharamkan di rumah biru, bukan tenda biru apalagi kampus biru.

Tentu saja, ini cukup bisa dimengerti, karena kadang ada lomba menulis di sini. Karenanya, sikap sportif harus dikedepankan.

Bukan berarti tidak menghargai atau bangga pada diri sendiri. Tidak menilai postingan sendiri adalah satu bentuk sikap sportif, dan itu semakin relevan, karena Kompasiana juga punya kolom "Nilai Tertinggi" dan sesekali mengadakan event lomba menulis berhadiah.

Secara pribadi, saya menyukai pendekatan ini, karena sejalan dengan kebiasaan saya di media sosial. Setiap kali posting, saya sangat jarang memberi "like" pada postingan milik sendiri.

Lucunya, saya justru cukup gampang memberi "like" pada unggahan orang lain, baik karena untuk "menggenapi" angka jumlah "like" atau memang karena itu menarik.

Bukan berarti saya tidak bangga atau menghargai diri sendiri. Tujuan saya posting hanya untuk berbagi. Toh jenis postingan di akun media sosial saya terdiri dari beragam jenis.

Dalam artian, apa yang saya posting bukan hanya soal foto-foto pribadi, tapi juga mewakili beragam jenis lain, seperti potongan video klip, sketsa komedi, sampai berkaitan dengan pekerjaan, terutama yang tugasnya membuat unggahan di media sosial.

Di luar unggahan yang berkaitan dengan pekerjaan, saya merasa tidak perlu memberi "like" pada postingan sendiri, termasuk yang saya bagikan dari grup atau akun lain. Untuk unggahan yang saya bagikan dari akun media sosial lain, biasanya saya memberi "like" di halaman asalnya.

Selain karena tujuannya untuk berbagi, saya merasa itu tidak perlu dilakukan.
Pertimbangannya simpel, saya membagikan postingan itu karena memang menyukainya. Kalau tidak suka, sudah pasti tak akan saya bagikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun