Mohon tunggu...
Yos Asmat Saputra
Yos Asmat Saputra Mohon Tunggu... Announcer

terus menulis, Penyiar Radio, motivator & Mc

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

6 Hal Penting Saat Menjalani LDR

24 Desember 2020   07:00 Diperbarui: 24 Desember 2020   07:07 156 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Hal Penting Saat Menjalani LDR
ilustrasi (dok.yos)/olahan dari wallpaperbetter

Dalam hidup berumah tangga yang ideal adalah selalu bersama dengan pasangan dan anak --anak. Namun pada kondisi tertertu hal itu sulit diwujudkan sehingga harus menjalani Long Distance Relationship atau lebih popular dengan sebutan LDR alias hubungan jarak jauh. 

Banyak faktor yang menyebabkan suami istri atau pasangan harus mengambil keputusan dan menjalani LDR. Memang berat,  namun itu harus diambil pada masa tertentu sampai akhirnya bisa berkumpul kembali . Apalagi disaat pandemi covid 19 ini, banyak peraturan yang sedikit menyulitkan untuk bepergian.  Akhirmya, tidak sedikit diantara kita harus menjalani LDR karena terasa ribet dengan aturan  tersebut.

Bagaimanakah agar LDR dapat berjalan dengan baik dan hubungan dalam keluarga tetap harmonis?  Berikut  ada 6 langkah yang harus dilakukan.

Pertama, sebelum melakukan LDR, yakinkan dahulu bahwa pasangan sudah memahahi dan mengerti mengapa keputusan itu harus diambil. Apa alasan yang paling kuat sehingga harus LDR dan sudah siapkah dengan resiko jarang bersama. Serta berusaha menguatkan satu sama lain dengan saling memotivasi dan menunjukan perhatian. 

Agar lebih yakin lagi dengan LDR adalah libatkan Allah dalam hal ini.  Pastikan bahwa ini sudah ketentuan Allah Subhanahu wa ta'ala.  Ada rencana yang indah dengan keputusan-Nya sehingga kita akan tenang dalam menjalani nanti.

Langkah ke dua, terbukalah dengan pasangan.  Anda bisa menceritakan apapun aktivitas yang Anda lakukan dari pagi sampai pagi lagi. Namun, jangan ceritakan hal  negatif  yang membuat pasangan Anda ikut memikirkan hal tersebut,  sehingga membuat hari --harinya menjadi tidak indah. 

Dengan kita menceritakan segala aktivitas  pada pasangan,  sehingga akan membuat paham dan mengerti kapan ada waktu luang untuk berkomunikasi. Dan tidak marah jika pesan SMS atau telpon tidak dibalas.

Tidak hanya kegiatan saja yang diceritakan, namun ada baiknya Anda ceritakan juga  siapa teman-teman Anda saat bekerja atau teman lainya yang Anda temuai di sekitar Anda. Hal ini penting bagi pasangan karena tidak akan muncul rasa curiga yang berlebihan jika sudah mengetahui siapa teman-teman Anda.

Ketiga, upayakan Anda selalu minta izin di saat Anda melakukan sesuatu diluar jadwal yang sudah dia pahami. Misalkan saja, Anda mau ke toilet.  Sekiranya Anda beryakinan pasanagn Anda akan menelpon, maka Anda beritahu. Ini memang sepele, tapi jika hal ini terjadi dan Anda tidak menjawab  panggilannya karena handphone tidak dibawa ke toilet, maka bisa saja pasangan Anda akan berpikir negatif.

Maka alangkah baiknya Anda memberitahu kepada pasangan agar tidak muncul prasangka negatif

Ke empat, Saat ini banyak cara untuk berkomunikasi dengan pasangan salah satunya menggunakan pesan singkat WhatApps (WA). Ini cara yang dianggap paling murah dan efektif saat ini. Namun alangkah baiknya, sesekali Anda telpon pasangan Anda atau Video call dengannya. Ini moment yang penting juga untuk mengobati rasa kangen karena tidak ada kebersamaan akibat jarak yang jauh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x