Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Merayakan Patah Hati dalam "Sobat Ambyar"

15 Januari 2021   00:36 Diperbarui: 15 Januari 2021   20:31 1637 28 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merayakan Patah Hati dalam "Sobat Ambyar"
Poster film Sobat Ambyar yang menampilkan tampak belakang mendiang Didi Kempot.(Dokumentasi Film Sobat Ambyar via KOMPAS.com)

"Loro atiku, atiku keloro-loro
Rasane nganti tembus ning dodo
Nangisku iki mergo kowe sing njalari
Kebangeten opo salahku iki
Opo dosaku iki"
"Bajingaaaaaaaann" (bruuuk)

***

Potongan lirik lagu Kalung Emas milik alm. Didi Kempot yang lantas diteruskan dengan adegan seorang pria berteriak kencang tanda patah hati yang begitu dalam, menjadi pembuka yang apik untuk film komedi romantis berjudul Sobat Ambyar atau The Heartbreak Club ini. Film yang sedianya menjadi penghormatan akan lagu-lagu fenomenal milik alm. Didi Kempot yang sayangnya sudah terlebih dulu dipanggil sang pencipta sebelum film ini sempat dirilis.

Sobat Ambyar sendiri awalnya dirilis untuk bioskop, namun dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga reda hingga hari ini, Netflix pun lantas menjadi pelabuhan baru bagi film komedi romantis yang kental membawa nuansa Jawa ini.

Film berdurasi 1 Jam 41 menit ini pun menjadi salah satu film Indonesia yang paling ditunggu kehadirannya. Yang pada akhirnya sudah bisa ditonton oleh para pengguna Netflix mulai hari ini, 14 Januari 2021.

Oh iya, bagi yang belum tahu Sobat Ambyar bukanlah film biopik alm. Didi Kempot. Melainkan sebuah film yang jalan ceritanya mengambil inspirasi dari lagu-lagu populer alm. Didi Kempot. Maka bisa dipastikan kita akan mudah menemukan tembang seperti Cidro, Kalung Emas, hingga Pamer Bojo, ditambah bonus penampilan Lord Didi yang meskipun tak banyak tapi cukup terasa kharismanya. 

Sumber: netflix.com
Sumber: netflix.com
Sekilas film ini tidak menawarkan sesuatu yang baru dari segi cerita. Karena Sobat Ambyar masih mengambil pattern percintaan yang sudah sering kita lihat pada film-film drama remaja hingga FTV. Yaitu kisah dua sejoli yang dimabuk cinta namun pada akhirnya harus menelan pil pahit kala salah satu di antaranya menjadi 'pengkhianat'.

Tapi justru di situlah letak kekuatannya. Sobat Ambyar membawa pattern cerita yang sederhana tersebut dan mengolahnya menjadi sesuatu yang tak hanya ringan untuk dinikmati namun juga terasa happy ketika disaksikan. Sobat Ambyar mampu mengolah dengan baik dan tak berlebihan sebuah cerita yang mana rasanya hampir seluruh manusia pernah mengalaminya. Ya, cerita patah hati.

Sumber: cineverse.id
Sumber: cineverse.id
Sobat Ambyar berkisah tentang tokoh Jatmiko(Bhisma Mulia), seorang pengusaha kedai kopi yang berada dalam masa sulit terkait bisnisnya yang tak berjalan baik. Di mana pada suatu hari dirinya kedatangan tamu yang kelak menjadi cinta pertamanya bahkan mungkin cinta sejatinya yaitu Saras(Denira Wiraguna), seorang mahasiswi tingkat akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripsinya.

Jatmiko yang merupakan seorang pemalu dan sulit jatuh cinta pada akhirnya jatuh juga ke pelukan Saras yang memang mendekati Jatmiko lebih dulu. Perjalanan cinta mereka pun berjalan sangat baik dan manis hingga pada suatu hari hubungan mereka diuji oleh jarak saat Saras memutuskan untuk mencari pekerjaan di Surabaya setelah lulus dari kampusnya.

Di Surabaya itulah yang kelak menjadi awal dari segala keambyaran yang dialami oleh Jatmiko. Jatmiko yang masih berpegang teguh pada pengharapannya, bertemu Saras yang mulai memikirkan sisi realistis kehidupannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x