Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Once Upon a Time in Hollywood" tentang Ambisi, Era Keemasan Hollywood, dan Tragedi Sharon Tate

24 Agustus 2019   18:12 Diperbarui: 25 Agustus 2019   15:57 0 18 6 Mohon Tunggu...
"Once Upon a Time in Hollywood" tentang Ambisi, Era Keemasan Hollywood, dan Tragedi Sharon Tate
Sumber: Tinnitist.com

"Bukan, aku bukan aktor. Aku hanya seorang pemeran pengganti"-Cliff Booth

Potongan dialog yang muncul di tengah-tengah film tersebut sejatinya menjadi penanda sekaligus pembeda antara kepribadian seorang Rick Dalton (Leonardo DiCaprio) dengan Cliff Booth (Brad Pitt), yang gambaran persahabatan saling melengkapinya kemudian menjadi sajian utama di sepanjang film. 

Rick Dalton merupakan seorang aktor yang berpegang teguh pada egonya, sementara Cliff sang pemeran pengganti setianya merupakan pria yang tak memiliki hasrat untuk ada dalam sorot lampu ketenaran. 

Keduanya berada dalam titik akhir era keemasan Hollywood di tahun 1969, dimana juga menandai perubahan akan industri Hollywood klasik ke industri Hollywood seperti yang kita kenal saat ini.

Sumber: Film.avclub.com
Sumber: Film.avclub.com
Perubahan era yang terjadi tersebut pada akhirnya membuat Rick dan Cliff bersama-sama mengarungi lika-liku industri Hollywood yang saat ini sudah sangat sulit untuk mereka kenali. 

Sekaligus bersinggungan dengan para pelaku industri legendaris di dunia nyata semisal Sharon Tate (Margot Robbie), Jay Sebring (Emile Hirsch), Roman Polanski (Rafal Zawierucha), Steve McQueen (Damian Lewis), dan sang legenda martial arts, Bruce Lee (Mike Moh). 

Dan layaknya sebuah penceritaan dari negeri dongeng yang pernah berjaya di suatu masa, semua elemen itu pun berpadu untuk kemudian membuka kisahnya dengan sebuah kalimat khas pembuka dongeng sebelum tidur; Once Upon a Time... in Hollywood.

Sebuah Gabungan Bintang Besar yang Solid

Sumber: Theplaylist.net
Sumber: Theplaylist.net
Secara garis besar, film ini dibagi menjadi 3 alur penceritaan yang dinarasikan dengan cukup santai, lucu, dan menyiratkan banyak pesan di balik tiap dialognya. 

Kedua alur penceritaan yang pertama dimaksudkan selayaknya dua sisi koin, yaitu melalui karakter Rick Dalton yang penuh ego, ambisi namun rapuh di satu sisi, bersandingan dengan Cliff Booth yang santai, tulus dan tak pernah takut menghadapi segala rintangan yang muncul di depan mata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x