Mohon tunggu...
Yolis Djami
Yolis Djami Mohon Tunggu... Dosen - Foto pribadi

Tilong, Kupang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Berbagi Ilmu dan Seni Kepemimpinan

21 September 2021   12:08 Diperbarui: 21 September 2021   12:12 81 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berbagi Ilmu dan Seni Kepemimpinan
Ilustrasi Kepemimpinan: assponys.org.

Dalam setiap sendi hidup ini selalu bersinggungan dengan kepemimpinan. Dia tidak melulu berbicara tentang suatu kelompok dengan seorang yang disegani ditakuti. Tetapi dia ingin menunjukkan bagaimana seseorang mengarahkan dirinya untuk menggapai sesuatu.

Memang rerata teori kepemimpinan telah menyatakannya dengan gamblang. Bahwa di dalam setiap kepemimpinan selalu harus ada pemimpin, orang yang dipimpin dan organisasi. Yaitu adanya suatu wadah tempatnya mereka berkumpul dan beraktivitas.

Ada juga yang mengatakan bahwa esensi kepemimpinan itu ada empat. Pertama, mengatur orang yang ada di bawah kekuasaannya. Kedua, mengatur dana untuk menghidupi organisasi yang dijalankan. Ketiga, mengatur program untuk mencapai tujuan oraganisasinya. Yang terakhir adalah mengatur fasilitas yang dimiliki demi kenyamanan penyelenggaraan berorganisasi.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi seputar kepemimpinan yang saya ketahui. Informasi yang saya dapat bukan dari membedah buku teori. Tetapi dari apa yang saya ketahui melalui sedikit pengalaman yang pernah saya jalani. Yaitu sebagai kepala sekolah di Makassar selama kurang lebih lima tahun.

Berikut saya uraikan dalam beberapa poin. Semoga ia dapat memberi masukan bagi generasi muda. Terutama bagi mereka yang sedang meniti anak tangga menuju kursi kepemimpinan. Atau pun mereka yang belum ada di sana tetapi memiliki potensi dan impian menduduki kursi bergensi itu.

Pemimpin Adalah Pendamping & Pelayan

Ketika telah berada di tampuk kepemimpinan tertentu, ini mesti diingat dengan baik. Bahwa pemimpin adalah pendamping dan pelayan. Ia mendampingi dan melayani rekan-rekannya dengan mengarahkan hingga mereka mencapai potensi optimalnya.

Sebagai pendamping artinya ia selalu ada ketika seorang anggota memerlukannya. Artinya juga dia siap memberitahukan mana yang harus dan yang tidak boleh dilakukan. Ia harus siap bersama anak buahnya di kala susah pun senang.

Pemimpin Adalah Pembimbing

Sebagai komandan tertinggi, ia berkewajiban membimbing anak buahnya hingga sukses. Sukses dalam melakukan menyelesaikan tuga pekerjaan yang diembannya. Sebab bila dia sukses berarti lembaga itu pun sukses.

Ketika bawahan dibimbing dengan sukacita, mereka akan bekerja dengan sepenuh hati. Ini akan menciptakan situasi kerja yang nyaman tanpa tekanan. Dengan demikian mereka akan mengejar apa yang menjadi tujuan lembaga di mana mereka ada dan berkarya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan