Mohon tunggu...
Yohana Hartriningtyas
Yohana Hartriningtyas Mohon Tunggu... Perempuan

Seorang ibu rumah tangga dengan seorang anak lelaki, pernah berprofesi sebagai guru dan pernah menjadi buruh pabrik

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

8 Langkah Mengatur Keuangan

24 April 2021   20:22 Diperbarui: 24 April 2021   20:28 87 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Langkah Mengatur Keuangan
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

 

Krisis ekonomi yang mendunia akibat virus corona merupakan pukulan mematikan bagi umat manusia. Beberapa orang beruntung masih bisa mendapatkan pemasukan dimasa ini tetapi sebagian juga hanya bisa meringis karena terkena imbas PHK ataupun sepinya pembeli bagi yang berdagang. Sebagai manajer keuangan rumah tangga sedikit banyak tentu kita merasakan krisis ini dan dituntut untuk pandai-pandai mengelola keuangan. Berikut adalah beberapa tips untuk anda agar dapat mengelola keuangan  dengan baik;

1. Hitung kebutuhan rata-rata bulanan anda

Menghitung kebutuhan pasti bulanan anda merupakan langgah awal untuk bisa menemukan langkah yang tepat dalam mengatur keuangan anda. Jangan menghitung dalam pikiran tetapi tuliskanlah di buku atau catatan HP anda. Kebutuhan yang saya maksud disini adalah kebutuhan pasti bulanan seperti biaya kos, listrik, PDAM, kebutuhan mandi habis dan kebutuhan makan anda.

2. Siapkan dana darurat

Apakah ini perlu? Tentu saja perlu, bukankah anda tidak tahu apa yang akan terjadi besok dan lusa?. Dana yang bersifat mendadak ini diperlukan untuk membantu anda menyelesaikan beberapa hal yang mendesak bersifat pengeluaran. Misalnya ban mobil anda perlu diganti, kaca jendela yang pecah atau tak sengaja menabrakkan mobil. Mau tak mau anda harus segera memperbaikinya dan dana darurat akan membantu anda tanpa harus membuat kebutuhan bulanan anda terganggu. Tabunglah dana darurat bila tidak terpakai walaupun anda hanya menyisihkan 100 sampai 200 ribu saja bila dikalikan akan jadi banyak juga kan?

3. Sisihkan uang untuk menabung

Ingat anda tak akan pernah memiliki tabungan jika tak memaksakan diri menabung. Sudah menjadi sifat dasar manusia yang selalu merasa kekurangan. Jadi paksakan diri anda untuk menabung dengan jumlah pemasukan rata-rata anda dikurangi jumlah pengeluaran ditambah dana darurat.

4. Bayar tagihan bulan terlebih dahulu

Tagihan bulanan seperti Listrik, PAM, asuransi dan kartu kredit tak boleh telat jika anda mau merasakan keuntungan yang maksimal . Setelah menerima gaji lakukan langkah membayar tagihan tersebut terlebih dahulu akan membuat anda tenang dan menghindarkan anda dari tunggakan pembayaran.

5. Tarik tunai langsung banyak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x