Mohon tunggu...
Yoga DwiWardhana
Yoga DwiWardhana Mohon Tunggu... Mahasiswa - untuk semua harapan teteolah menyala didalam gelap

SAYA HARUS SUKSES

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Remaja dan Overhinking

28 September 2021   19:56 Diperbarui: 28 September 2021   20:10 19 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Remaja dan Overhinking
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Remaja di era saat ini sering sekali memilirkan hal-hal yang membuat dirinya sendiri menjadi ketakukan akan apa yang mereka hadapi nanti, contohnya adalah memikirkan suatu hal tentang masa depan, salah satu pertanyaan yang  sering muncul dikepala dan membuat diri semakin khawatir adalah "mau jadi apa dirimu dimasa depan?". 

Pertanyaan seperti itu lumrah terjadi dimasa remaja karena mereka masih mencari jati diri mereka, semua remaja mungkin selalu dibayang-bayangi dengan rasa khawatir yang berlebihan jika mereka terus-menerus memikirkan hal  yang belum mereka alami.

Sering kali overthingking dikaitkan dengan pikiran yang negative, banyak penyebab yang membuat seseorang menjadi overthingking misalnya yaitu rasa stres, cemas yang berlebihan dan rendah diri atau meragukan kemampuan yang dimiliki diri sendiri. 

Para remaja yang seharusnya fokus pada kegiatan belajar menjadi tidak fokus karena mereka terlalu mengkhawatirkan suatu hal sehingga hasil belajar mereka semakin menurun. 

Dikutip dari situs alodokter.com overthingking pada seseorang juga membuat diri mengalami insomnia atau yang biasa kita kenal yaitu susah tidur dimalam hari, memang overthingking itu datang saat ketika sepi dan semdiri dimana pikiran kita berimajinasi memikirkan suatu hal yang belum terjadi. Overthingking juga bisa membuat emosi diri semakin tidak terkontrol karena memikirkan hal yang berlebihan itu tak akan mendapatkan solusi terbaik dari apa yang kita khawatirkan.

Memang sulit menghindari rasa overthingking pada diri remaja tapi banyak cara untuk mengatasi agar diri tetap tenang bila sedang overthingking yang pertama yaitu curhat, yah ceritakanlah apa yang kamu sedang khawatirkan kepada orang terdekatmu atau orang yang kamu percayai karena menveritakan suatu masalah kepda orang lain dapat membuat diri kita tenang juga kita bisa mendapat solusi dari orang tersebut, yang kedua kamu bisa pergi jalan-jalan ketempat yang membuat pikiranklu tenang seperti taman atau gunung disitu kamu bisa merenungi hal-hal apa yang sedang kamu pikirkan sehingga kamu dapat solus yangi terbaik. 

Ingat kamu juga perlu mengevaluasi dirimu sendiri, misalnya kamu sedang menghadapi suatu masalah yang membuat pikiranku tidak tenang nah disiotu kamu harus melihat apasih yang sebenarnya terjadi dan apasih penyebab masalah tersebut sehingga kamu dapat menyelesaikan masalahmu dengan pikiran yang dingin. 

Mendengarkan musik  adalah salah satu hal yang bisa kalian lakukan ketika kalian sedang overthingking karena melalui musik dapat meningkatkan mood pada diri kita sehingga bisa mengurangi rasa setres yang terjadi karena kita sedang overthingking. Melalikan kegiatan yang kita sukai juga dapat menghilangkan overthingking pada diri misalnya kalian bisa bermain futsal, bercocok tanam dan masih banyak kegiatan positif lainnya.

Sebenarnya apa yang sedang  pikiran kita khawatirkan dimasa depan belum tentu terjadi pada diri kita oleh karena itu senantiasalah berpikiran positif dan mendekat kepada Tuhan agar hati dan pikiran kita selalu tenang.

Referensi:

Satria(2021)Mengenal Apa Itu Overthingking. Retrieved 28 September From UGM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan