Mohon tunggu...
Gaya Hidup

How to Eco Drive?

24 Februari 2016   11:43 Diperbarui: 24 Februari 2016   11:48 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bahan bakar kendaraan anda boros? Sering masuk bengkel? Atau Anda risih dengan polusi udara perkotaan? Sudah saatnya para pemilik kendaraan khususnya mobil, melakukan metode mengemudi Eco-Drive.

Sebelumnya, apa itu EcoDrive?

Eco-Drive adalah suatu cara mengemudi yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Eco-Drive merupakan suatu edukasi untuk memperbaiki cara mengemudi, karena cara mengemudi yang baik dapat mencegah pemborosan konsumsi BBM dan mengurangi dampak pemanasan global.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Menginjak pedal dengan tekanan ringan, tidak perlu sampai penuh.
  • Ketika ingin memindahkan gigi (untuk mobil manual), pindahkan ketika di tanda 2000RPM.
  • Jaga  putaran mesin agar tidak lebih dari 3000RPM.
  • Saat menemui jalanan menurun, tidak perlu menginjak gas.
  • Menyetir dengan santai. Kondisi terburu-buru sering mengakibatkan kecerobohan saat mengemudi

Dengan melakukan cara diatas, konsumsi bahan bakar dapat dihemat hingga 15%. Selain itu, Eco driving ini bukan semata-mata penghematan bahan bakar atau atas nama mencintai lingkungan, tapi juga bisa memperpanjang umur part kendaraan, mengurangi emisi gas buang dan polusi udara. Dan, yang terpenting, mengurangi risiko kecelakaan.

Berbicara mengenai mengemudi, keamanan dan keselamatan dalam berkendara juga menjadi hal yang sangat penting. Brother, sebuah perusahaan Jepang yang bergerak dibidang IT sedang gencar dalam mengkampanyekan #drivesafebro, gerakan safety driving yang berangkat dari banyaknya permasalahan yang timbul di kota Jakarta akibat kecerobohan berkendara.

Sudah saatnya Anda, para pengemudi yang smart, melakukan Eco-Drive dan safetydriving ;) 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x