Mohon tunggu...
Yesi Hendriani Supartoyo
Yesi Hendriani Supartoyo Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Panca PRIMA, Layanan Unggulan Jaringan PRIMA Mendukung Transaksi Non Tunai

18 Juni 2019   16:56 Diperbarui: 18 Juni 2019   17:07 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bank Indonesia melalui Program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), telah merumuskan pelbagai upaya elektronifikasi, tanpa terkecuali dalam transaksi finansial. Serta, terdapat pula kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) diantaranya melalui transaksi Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK). 

Transaksi APMK tersebut terdiri dari transaksi kartu kredit dan kartu debit maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Selain itu, uang elektronik menjadi salah satu penunjang transaksi non tunai.

PT. Rintis Sejahtera (RINTIS) yang berdiri sejak tahun 1991 dipimpin oleh Bapak Iwan Setiawan selaku President Director, lantas ditunjuk oleh Bank Indonesia untuk membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN pada tahun 2017 silam. 

Sesuai dengan visinya "To become the most admired and valuable electronic financial transaction solution provider in Indonesia" dengan mengusung misi "To honorably serve and enrich our Stakeholders' life". Maka, nilai yang terkandung dari perusahaan dan jaringan tersebut adalah: Placing the interest of the one we serve first; Renew our commitment for outstanding quality in everything we do on daily basis; Inspire, innovate and empower teamwork; Make triumph happens; A continous quest for the highest standard of integrity in everything we do.

Rekam jejak perusahaan RINTIS di bidang keuangan selang 28 tahun antara lain: Pada tahun 2000, PT. Rintis Sejahtera berdiri sebagai perusahaan EFT Switching yang melayani jaringan transaksi keuangan elektronik di Indonesia; Pada tahun 2010, PT. Rintis Sejahtera meluncurkan layanan Payment Solution dan transaksi internasional; Pada tahun 2015, PT. Rintis Sejahtera memperkenakan layanan Top-Up uang elektronik dan terkoneksi dengan jaringan APN; Lalu, pada tahun 2017, PT. Rintis Sejahtera membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN secara nasional.

Jaringan PRIMA merupakan layanan switching yang dikelola oleh PT. Rintis Sejahtera sejak tahun 2000 silam. Jaringan PRIMA didukung dengan web-based complaint handling system yang efektif dan efisien. Produk yang dimiliki oleh PT. Rintis Sejahtera melalui Jaringan PRIMA yang selanjutnya secara disclaimer saya sebut sebagai "Panca PRIMA" antara lain: PRIMA ATM, PRIMA Debit, PRIMA Payment Solution, Transaksi Internasional, dan Top-Up Uang Elektronik. Jaringan PRIMA secara publik memberikan kemudahan transaksi untuk beragam kebutuhan.

Sebagai konsumen, saya merasakan kemudahan yang semakin berarti pasca diresmikannya kerjasama Jaringan ATM Prima dengan pelaku industri Go-Jek pada tahun 2017 silam. PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan ATM PRIMA dan payment gateway Bersama PT. Go-Jek Indonesia meresmikan kerjasama model bisnis Payment Aggregator dengan layanan Top-Up Go-Pay Customer. Berkenaan dengan hal tersebut, Jaringan PRIMA berkomitmen untuk mendukung strategi Go-Jek dalam meningkatkan layanan transaksi elektronik pengguna aplikasi Go-Jek secara aman, efisien dan dengan tingkat layanan yang tinggi. Hal ini menjadi salah satu wujud kontribusi guna mendukung gerakan cashless society.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
dok: pribadi
dok: pribadi
Per Januari 2019, PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan PRIMA juga telah meresmikan kemitraan Jaringan PRIMA dengan 14 mitra bank guna mendukung Program GPN -- Bank Indonesia berupa model bisnis Jaringan PRIMA ATM dan PRIMA Debit. Jaringan PRIMA berkomitmen mendukung kebijakan GPN oleh Bank Indonesia demi terwujudnya interkoneksi dan interoperabilitas ekosistem pembayaran. Jaringan PRIMA mengembangkan berbagai inovasi produk pembayaran berupa kartu maupun digital untuk terus meningkatkan layanan Jaringan PRIMA. Kemudahan bertransaksi dengan menggunakan Jaringan PRIMA dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup di zaman kini menjadi aspek penting.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
PRIMA ATM merupakan produk dari Jaringan PRIMA yang memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank PRIMA ATM untuk keperluan transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer dana antar bank di seluruh mesin ATM berlogo PRIMA. Keunggulan yang dimiliki oleh PRIMA ATM adalah: Kemudahan dan kenyamanan transaksi ATM di seluruh Indonesia; Transaksi transfer dana antar bank diproses secara real time online (24 jam non-stop); Terhubung dengan lebih dari 80 bank di Indonesia; Memiliki lebih dari 120 ribu jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia; dan, Efisiensi waktu bagi nasabah mitra bank ATM PRIMA.

Sebagai nasabah Bank BNI, saya merasa terbantu dan memiliki kemudahan dalam bertransaksi. Mengingat PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk merupakan salah satu mitra Bank BUMN dalam Jaringan PRIMA ATM dengan kode bank 009. Ketersediaan Jaringan PRIMA ATM untuk Bank BNI juga sangat banyak dan tersebar merata. Sehingga saya tidak pernah merasa kesulitan untuk menemukan Jaringan PRIMA ATM tersebut baik berupa fasilitas setor tunai maupun tarik tunai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun