Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Korea Tak Hanya Soal K-Pop dan K-Drama

10 Mei 2018   19:15 Diperbarui: 10 Mei 2018   19:34 1004
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Festival Jinhae Gunhanje di Korea (dok.90daykorean.com)

Apa yang terbetik di benak Anda ketika mendengar kata "Korea"? Kebanyakan pasti langsung berpikir soal K-Pop atau K-Drama. Yap... dua hal ini memang membuat Korea begitu dikenal orang. Banyak banget orang yang menggemari K-Pop dan K-Drama. Mungkin Anda salah satu diantaranya.

Sebenarnya selain K-Pop dan K-Drama, Korea terkenal karena wisatanya. Paket tour Korea adalah yang sering saya jual semasa saya bekerja di agen perjalanan wisata. Paket Korea yang saya jual belasan jenisnya tergantung kalangan yang disasar. Untuk orang tua yang mempunyai anak biasanya memilih paket theme park seperti Everland.

Sementara untuk orang tua tanpa anak biasanya akan memilih berwisata ke Jeju Island. Lalu untuk anak-anak muda akan memilih wisata yang menawarkan keriuhan kota seperti Seoul atau mengunjungi tempat shooting film terkenal seperti Nami Island. Apapun jenis wisata yang dijual, semuanya laku keras apalagi saat libur sekolah dan libur lebaran.

Para influencer dan Direktur KTO Jakarta (dok.KTO)
Para influencer dan Direktur KTO Jakarta (dok.KTO)
Korea tau banget pesona negaranya. Promosi tak henti dilakukan oleh negara Korea terutama Korea Selatan. Eh iya.. negara Korea yang saya maksud di sini adalah Korea Selatan ya yang memang terbuka untuk pariwisata dan bukan Korea Utara. Dengan beragam cara Korea "memborbardir" kita dengan beragam promosinya. Mestinya ini ditiru oleh negara kita yang punya banyak lokasi wisata juga.

Aku dan Korea

Ketika saya datang ke Restoran Suasana di Aston Kuningan Suites pada Jumat 4 Mei 2018 lalu, saya langsung disambut oleh mbak penunggu meja registrasi yang ramah sekali. Ia memberi saya 3000 won, yaitu mata uang Korea. Eitssss jangan happy dulu.. uang ini bukan uang asli tapi uang KW alias uang-uangan, uang mainan gitu.

Uang "won" ini digunakan untuk membeli makanan ala Korea street food yang ada di lokasi acara. Sengaja emang caranya begini biar para undangan merasakan jajan pake uang Korea. Nuansa ruangan di desain ala Korea dengan photobooth berlatar belakang Korea, lalu dinding di belakang jajanan ala Korea juga di desain dengan tampilan gedung-gedung di Korea. Korea banget jadinya.

Antri jajanan (dok.yayat)
Antri jajanan (dok.yayat)
Hari itu memang ada acara peluncuran kampanye Aku dan Korea serta launching microsite AkudanKorea. Acara diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization(KTO) Jakarta Office. Banyak travel influencer yang hadir di acara ini. Ada Marischka Prudence, Atikah Hasiholan,  Janine Intansari dan lain-lain. Juga tentu saja Direktur KTO Jakarta Andrew Jonghoon Kim serta Dubes Korea untuk Indonesia Kim Chaeng Beom.

Kampanye Aku dan Korea menyasar para solo traveler yang ingin berwisata ke Korea. Mudahnya mendatangi Korea dan seringnya promo tiket yang dilakukan oleh para maskapai memang lebih menarik minat para solo traveler untuk datang sendiri ke Korea, tanpa melalui perantara biro perjalanan wisata.

Generasi milenial di jaman ini lebih suka jalan sendiri atau beramai-ramai dengan teman-temannya menyambangi sebuah daerah. Mereka datang berbekal informasi yang mereka cari sendiri di internet. Mulai dari hotel sampai cara menuju sebuah lokasi wisata. Semua dicari sendiri informasinya.

Aku dan korea (dok.yayat)
Aku dan korea (dok.yayat)
Korea menyadari kesukaan para solo traveler ini maka dibuatlah kampanye Aku dan Korea yang dilengkapi dengan rilisnya microsite AkudanKorea.com. Microsite ini memberi jawaban dari pertanyaan semua wisatawan yang ingin ke Korea. Istilahnya nggak usah cari info dimana-mana. Klik websitenya aja dan semua informasi mengenai Korea muncul di situ.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun