Mohon tunggu...
Aksi Cepat Tanggap
Aksi Cepat Tanggap Mohon Tunggu... Organisasi Kemanusiaan

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik http://act.id Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation is a professional global humanitarian organization based on philanthropy and volunteerism to achieve better world civilization

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Keindahan Gunung Kerinci, Nominasi Baru New9wonderful of Indonesia

24 November 2015   10:45 Diperbarui: 24 November 2015   12:13 47 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keindahan Gunung Kerinci, Nominasi Baru New9wonderful of Indonesia
Gunung Kerinci

Terus membincangkan tentang ancaman bencana alam terkadang memang membuat kita luput dengan kabar baik dari belahan Indonesia yang lain. Ketika risiko banjir Jakarta ramai didiskusikan di sejumlah laman media sosial, perlahan menenggelamkan kabar baik tentang keindahan alam Indonesia yang diakui dunia. Seperti yang belum lama ini datang kabar dari tanah Sumatera, tepatnya dari puncak Gunung tertinggi di Sumatera, yakni Gunung Kerinci. Dilansir dari laman Antaranews, Gunung Kerinci yang termasuk dalam Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi telah dinominasikan dalam “New9Wonderfull of Indonesia” dengan merengkuh kategori gunung terindah di Indonesia.

Selama beberapa bulan terakhir, jika menyebut nama Jambi pasti yang langsung terbersit dalam benak adalah kabar tentang bencana kabut asap dan kebakaran hutan yang sempat menutupi langit Jambi demikian pekatnya. Namun di pekan kedua November 2015 ini Jambi pun melahirkan kabar bahagia dari puncak Gunung Kerinci.

Menurut Kepala Bidang Destinasi Wisata Provinsi Jambi, Guntur dilansir dari Antaranews, berbagai pertimbangan telah meyakinkan tim penilai tentang keindahan yang memang betul-betul tercipta dari gagahnya Gunung Kerinci. Padahal pada awalnya hanya Danau Gunung Tujuh yang masuk nominasi, namun setelah diusahakan berkali-kali dengan menunjukkan bukti bahwa Gunung Kerinci di Jambi patut menyandang status sebagai nominasi gunung terindah di dunia, akhirnya Gunung Kerinci pun masuk penilaian dari “New9Wonderfull of Indonesia”

Untuk diketahui, “New9Wonderfull of Indonesia” adalah nominasi tingkat dunia yang digelar oleh lembaga independen World Wonderful (WoW). Dalam mengajukan nominasi ini, World Wonderful (WoW) telah mendapatkan persetujuan dan kesepakatan bersama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) serta Taman Wisata Dunia. Setelah masuk ke dalam nominasi, berbagai keindahan alam Indonesia lainnya sudah dapat dinilai dan dilakukan voting oleh masyarakat umum lewat website “New9Wonderfull of Indonesia”.

Nantinya, jika Gunung Kerinci terpilih sebagai gunung terindah di Indonesia versi “New9Wonderfull of Indonesia”, maka dipastikan akan berdampak langsung pada peningkatan ekonomi lokal masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Kerinci.

Lantas apa sesungguhnya yang dimiliki oleh keindahan Gunung Kerinci di Jambi sehingga pantas menyandang gelar sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia?

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera, gunung setinggi 3805 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung api aktif yang menjadi puncak tertinggi dari Pegunungan Bukit Barisan. Sebagai puncak tertinggi dari Bukit Barisan, bentang alam di Gunung Kerinci begitu hijau dan asri. Dalam kompetisi “New9Wonderfull of Indonesia” Gunung Kerinci bersaing dengan tujuh gunung terindah di Indonesia yang juga masuk nominasi, seperti Gunung Rinjani, Gunung Semeru dan lainnya. (cal)

 

VIDEO PILIHAN