Mohon tunggu...
Yardina Fauziah Harahap
Yardina Fauziah Harahap Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kuliah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Nama: Yardina Fauziah Harahap, NIM: 0801201359, Kelas: IKM 5 Sem. 3, Matkul: Kepemimpinan dan Berpikir Sistem Kesmas, Dosen: Susilawati, SKM, M. Kes. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mengenal Gaya Kepemimpinan Ketujuh Presiden di Indonesia

28 Oktober 2021   17:34 Diperbarui: 31 Oktober 2021   21:22 70 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Gaya kepemimpinan para Presiden Republik Indonesia tentu berbeda beda, mari kita lihat dan kenali masing masing gaya kepemimpinan Presiden di Indonesia, mulai dari Ir. Soekarno hingga Ir. H. Joko Widodo.

1. Ir.Soekarno


Nama Presiden Ir. Soekarno tentunya tidak asing lagi di telinga kita, sebab Ia adalah orang pertama yang memimpin Indonesia, yakni sebagai Presiden pertama Republik Indonesia. Beliau lahir pada 6 Juni 1902 di Jawa Timur.


Sebagai pemimpin, Ir. Soekarno memiliki gaya kepemimpinan yang pemberani, tegas, cerdas, serta  sosok yang kharismatik.  Ia mampu menggerakkan banyak orang, mempengaruhi dan bahkan dapat berdiplomasi dengan baik.


Ia orang yang sangat bijaksana, moralis, etika ideologi mendasari negara dan partai, fanatik, dan ia adalah seorang tokoh nasionalis dan anti kolonialisme yang pertama, baik di dalam negeri maupun untuk lingkup Asia. Ia juga dikenal sebagai orator ulung, karena selalu membuat audiens terpukau dan terpesona ketika melihat-nya berpidato.

2. H. M. Soeharto


Jend. Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto adalah Presiden kedua Republik Indonesia. Beliau lahir di Kemusuk, Yogyakarta, tanggal 8 Juni 1921. Pada pemerintahan Presiden Soeharto dikenal juga pemerintahan Era Orde Baru. Presiden Soeharto dijuluki sebagai Si Macan Asia yang Perkasa.


Sebagai seorang pemimpin, Presiden Soeharto adalah sosok yang berwibawa. Ia sangat mahir dalam menyusun strategi, pandai menggunakan kesempatan. Tetapi ia seorang yang otoriter, karena ia memiliki sifat pemikiran keras dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Sebab itulah masyarakat pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto tidak ikut berpartisipasi dalam pemerintahannya, sebab semua keputusannya tidak bisa ditentang.

3. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie


Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang kerap dikenal dengan BJ Habibie, merupakan seorang yang sangat berjasa dan memiliki kontribusi besar bagi Indonesia. Ia menjabat sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia.


Ia seorang ilmuan yang sangat jenius, sangat details dan sangat suka melakukan uji coba. Beliau dikenal sebagai seseorang yang cerdas, bahkan beliau berhasil membuat pesawat N250, yaitu pesawat pertama buatan Indonesia.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan