Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memaknai Partisipasi Anak di Bagholek Godang

9 Agustus 2022   04:54 Diperbarui: 9 Agustus 2022   05:55 105 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokpri. Pengurus Forum Anak Kampar memimpin pawai budaya di Bagholek Godang Sabtu, 6 Agustus 2022

Menegakkan partisipasi anak dalam arti hak anak untuk didengarkan dan ditanggapi sungguh-sungguh dalam konteks pembangunan berkelanjutan menjadi fokus utama perkumpulan keluarga peduli pendidikan sejak 2004. 

Perkumpulan  yang berdiri di Bandung pada 25 Desember 1999 ini berkomitmen penuh untuk menjadi gerakan kritis berbasis keluarga dalam mendorong pemenuhan hak hidup bermartabat terutama pemenuhan hak atas pendidikan dan perlindungan anak. 

"Menyaksikan kegembiraan pengurus Forum Anak Kampar dalam kontingen DPPPKBP3A memimpin pawai budaya di Bagholek Godang mengingatkan saya pada saat perkumpulan melakukan kesalahan fatal saat orang dewasa menyiapkan slogan-slogan untuk dibawa anak-anak pada kegiatan Sepekan Aksi Pendidikan Untuk Semua 2002, "ujar ketua perkumpulan, Yanti,  di sela-sela kesibukannya menyiapkan talkshow di Bagholek Godang

Yanti berkomitmen membantu sahabat KerLiP, Dr. H. Kamsol, M.M,  untuk memaknai partisipasi anak dalam setiap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kampar. Penyelenggaraan talkhow yang menjadikan anak sebagai moderator, narasumber, dan fasilitator utama di Bagholek Godang menjadi jalan baru dalam penegakan sistem perlindungan anak di bawah kepemimpinan Dr. H. Kamsol, M. M sebagai PJ Bupati Kampar.

Sejak tiba di Kampar 23 Juni 2022, Yanti membawa praktik-praktik baik yang diusungnya sebagai ketua perkumpulan, pembina Sigap Kerlip Indonesia, dan ketua umum Gerakan Indonesia Pintar serta menjalinnya dalam beragam inovasi kegiatan guna mencapai target SDG's. Ia fokus membantu percepatan pembangunan desa sangat tertinggal di Kampar. 

Anak Bukan Dekorasi

PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M berkomitmen penuh untuk memperkuat kolaborasi multipihak dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui Kabupaten Layak Anak atau KLA. Salah satu Quick Wins PJ Bupati Kampar adalah Desa Ekowisata Ramah Anak dan Peduli Perempuan atau Derapp dijalin dalam Gerakan Bangkit Menuju Layak Anak Utama atau Gerbang Melayu. 

Peningkatan partisipasi anak dalam Derapp Gerbang Melayu mulai digiatkan Rumah KerLiP bersama Kabid PA dan Fakar dengan mendorong Kemenag Kampar mengundang santri dalam talkshow Riset dan Inovasi Santri Ecosocpreneur atau RISE di Bagholek Godang.  

Ratusan santri usia 16-18 tahun dari pondok pesantren Darun Nahdhah Thawalib,  Anshor As Sunnah, As Salaam, Kasikan, dan 3 pontren lainnya di Kabupaten Kampar hadir mengikuti talkshow perdana Quick Wins PJ Bupati Kampar di Bagholek Godang pada Minggu, 7 Agustus 2022. Delon dan Sheila dari Forum Anak Kampar (Fakar) menjadi moderator talkshow tersebut.

Hadir sebagai narasumber,  Diva Ananta Syopian, peserta didik SMAN 1 Bangkinang.  Putri dari Camat Tapung ini  mendapat penghargaan sebagai Putri Remaja Nusantara  Kebudayaan 2022. Ia diundang hadir menginspirasi santri atas keberhasilannya memimpin perusahaan penerbitan dan menjual buku karyanya sebanyak 36.000 eksemplar dalam waktu singkat. 

Selain Diva, hadir 4 narasumber lainnya, yakni fasilitator Fakar, Catur, Kepala Bidang Perlindungan Anak, Satiti Rahayu, plt Kepala Kemenag Kampar, Fuadi Ahmad, dan Yanti sebagai Pembina Sigap Kerlip Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan