Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Siapa yang Menjamin Sekolah Anak-anak Kita Aman dari Covid-19?

27 Desember 2020   07:18 Diperbarui: 27 Desember 2020   08:00 54 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa yang Menjamin Sekolah Anak-anak Kita Aman dari Covid-19?
Titik kumpul aman di SMPN 19 Bekasi | dokpri

Kabar menggembirakan dari Turki saya terima saat menikmati drama tentang penduduk Laut Hitam di sebuah laman. Presiden Turki segera memvaksinasi 9 juta warganya setelah uji klinis tahap ketiga usai.

Tunggu sesaat lagi. Pemerintah akan segera meningkatkan kekebalan warga usia 18-59 tahun. Mungkin vaksin yang aman bagi anak-anak pun akan segera menyusul. Kita hanya perlu menahan diri dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan di manapun kita berada.Hari ini, hari Minggu terakhir kita di tahun 2020. Sepekan sebelum Pembelajaran Tatap Muka di Masa Kebiasaan Baru dilaksanakan. Siapa yang dapat menjamin sekolah tempat anak-anak kita aman? 

Kita sendiri, ibu, ayah. 

Ya. Kita dapat membantu bapak/ibu guru dan kepala sekolah berani menyampaikan Daftar Periksa dengan sebenar-benarnya. Demi anak-anak kita. Bersabarlah. Anak-anak membutuhkan keteladanan kita dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 

Pastikan kita membangun kebiasaan baru dengan penuh suka cita. Siapkan diri untuk bergotong royong memeriksa 6 hal yang perlu dipersiapkan sekolah, yakni

1. Ketersediaan sanitasi dan kebersihan

2. Kemampuan sekolah mengakses layanan kesehatan

3. Kesepakatan area wajib masker

4. Memiliki thermogun

5. Memetakan warga sekolah yang rentan terhadap Covid19

6. Persetujuan komite sekolah atau orangtua/wali. 

 Masih tersedia waktu sepekan. Jangan sampai sekolah menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid19. 

VIDEO PILIHAN