Mohon tunggu...
abdurrahman kholis
abdurrahman kholis Mohon Tunggu...

CEO http://urusandunia.com/

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Buah Seribu Manfaat Itu Bernama Buah Naga

11 Maret 2016   08:48 Diperbarui: 11 Maret 2016   08:57 357 2 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="via: civilizedcavemancooking"][/caption]

Mempunyai rasa yang manis dan memiliki banyak manfaat membuat buah naga jadi salah satu buah idola masyarakat. Mempunyai kulit buah berbentuk seperti sisik & berwarna merah menjadikan penampakan buah naga sedikit mencolok dibanding buah yang lain. Tapi, anda jangan sampai tertipu dengan tampilan seperti itu, dibalik tampilan “unik” nya, tersimpan kandungan nutrisi tinggi seperti vitamin, serat, fosfor, air & kalsium. Nutrisi ini akan berfungsi untuk mencegah beraneka penyakit, seperti kanker & diabetes.

Rutin mengkonsumsi buah naga dapat membuat anda terhindar dari berbagai penyakit serta berguna untuk menambah kekebalan tubuh & menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut membuat permintaan akan buah naga sangat besar.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menanam buah naga, anda bisa menjualnya atau menjadikannya sebagai konsumsi pribadi. Mungkin anda menganggap kalau menanam buah ini sangat sulit. Faktanya, buah naga adalah buah yang mudah ditanam, terkhususnya di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Anda juga tidak membutuhkan lahan sampai berhektar-hektar kalau hanya untuk konsumsi pribadi. Memang para petani buah naga menggunakan lahan berhektar-hektar, tapi anda hanya perlu menggunakan pekarangan kecil karena buah ini bisa anda tanam di dalam pot.

Memilih Pot

[caption caption="via: pixabay"]

[/caption]

Anda bisa menggunakan berbagai jenis pot untuk menanam buah naga, seperti pot berbahan plastik, semen, tanah liat, drum dan kaleng bekas. Namun anda harus ingat, buah naga dapat tumbuh selama hampir 20 tahun, jadi pilihlah pot yang awet.

Sebaiknya anda menggunakan pot berbahan dasar tanah liat dengan diameter sekitar 40cm. Tanah liat berguna untuk menjaga suhu tanaman. Ukurannya yang relatif besar juga memungkinkan buah naga tumbuh dengan sempurna.

Menyiapkan Media Tanam Buah Naga

[caption caption="via: meresidemantenance"]

[/caption]

Media yang digunakan untuk menanam buah naga adalah campuran dari pasir, tanah, pupuk kandang dan juga pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Tambahkan juga batu bata dan kapur pertanian agar proses pertumbuhan buah naga dapat maksimal. Siram dan diamkan campuran tersebut selama semalam sebelum siap untuk ditanami buah naga.

VIDEO PILIHAN