Teguh Suprayogi
Teguh Suprayogi profesional

Massage Therapist, Reflexologist and 'Tukang Kerokan'...

Selanjutnya

Tutup

Travel-story Pilihan

Melihat Candi-candi "Tersembunyi" di Jogja (2)

16 April 2018   20:11 Diperbarui: 16 April 2018   20:27 465 7 2
Melihat Candi-candi "Tersembunyi" di Jogja (2)
Candi Sari - dokpri

Perjalanan kedua kali ini masih ditemani si X-ride menuju ke arah jalan Raya Cangkringan, hampir 10 kilometer dari rumah. Menuju dusun Morangan, Sindumartani, kecamatan Ngemplak, Sleman. Setelah melewati kolam-kolam ikan milik balai penelitian, masuk lurus ke arah dusun dimana candi Morangan berada.

Candi Morangan

Jalanan aspal kampung cukup mulus membuat perjalanan sangat lancar. Setelah melewati rumah penduduk yang sedang punya gawe pernikahan, akhirnya sampai juga di lokasi. Seperti candi-candi lainnya, ada papan petunjuk nama candi, masuk pintu pagar langsung minta ijin pak satpam yang berjaga untuk mengambil foto, sebelumnya mengisi buku tamu dulu.

Kaki candi Morangan (dokpri)
Kaki candi Morangan (dokpri)

Tak nampak bangunan candi utuh, yang terlihat hanya sebagian kaki dan badan candi yang rusak berat berada di kubangan besar, posisinya ada dibawah tanah sekitar. Mungkin dulunya kena gempa dan letusan Merapi. Sebelah barat ada tumpukan batu dan arca candi yang tercecer. Sebagian lagi ditata cukup rapi. 

Batu candi (dokpri)
Batu candi (dokpri)

Setelah ambil gambar beberapa jepretan, pak satpam memberi tahu, di sebelah selatan seberang jalan juga masih ada tumpukan batu yang berasal dari candi utama. Mungkin karena tempatnya terbatas, akhirnya menyewa lahan milik warga untuk menaruh bebatuan. Setelah mengobrol sebentar dengan pak satpam, akhirnya pamit meneruskan perjalanan meninggalkan candi bercorak Hindu ini.

Candi Kedulan

Candi Kedulan (dokpri)
Candi Kedulan (dokpri)
Sasaran berikutnya candi Kedulan, dari candi Morangan ke arah selatan, masih melewati jalan Raya Cangkringan. Tepatnya di dusun Kedulan, desa Tirtomartani, kecamatan Kalasan, Sleman. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi. Sempat mampir sejenak ke SPBU mengisi pertamax. Jalanan cukup lancar.

Rekonstruksi candi Kedulan (dokpri)
Rekonstruksi candi Kedulan (dokpri)

Seperti halnya candi Morangan, candi Kedulan juga berada dalam kubangan tanah, namun lebih besar dan luas. Ada dibawah permukaan tanah sekitar. Benda cagar budaya ini ditemukan tanpa sengaja tahun 2003 oleh penambang pasir. Konon menurut para ahli, candi ini juga tertimbun letusan Merapi.

(dokpri)
(dokpri)

Kebetulan candi ini sedang direkonstruksi lagi, yang diperkirakan selesai akhir tahun ini. Makanya foto kali ini lebih banyak terlihat peralatan tukang, besi-besi rangka untuk penyangga, tenda terpal dan benda-benda lainnya. Menurut pak satpam yang ada di candi Morangan, kedepannya lokasi sekitar candi Kedulan akan dibuat museum. 

Candi Sari

Setelah memotret suasana candi Kedulan yang sedang direkonstruksi, lanjut lagi ke arah selatan ke dusun Bendan, masih di Tirtomartani. Namun sebelumnya mampir dulu mengisi perut ke Warung Kebon Kalasan, kuliner sor jati. Tempat makannya berada dibawah pepohonan jati. Suasananya sangat nyaman, walau masakannya standar saja menurut lidahku. Nanti akan ditulis di artikel terpisah.

Candi Sari - dokpri
Candi Sari - dokpri

Candi Sari tidak terlalu tersembunyi, lokasinya mudah dijangkau. Tak jauh dari candi Kalasan, sekitar 2-3 kilometer arah barat candi Prambanan. 10 kilometer dari pusat kota Jogja ke arah timur lewat jalan raya Jogja-Solo, setelah melewati rumah sakit Bhayangkara, jalan pelan-pelan sampai ketemu papan nama menuju ke lokasi. Untuk masuk ke candi ini sudah dikenakan tiket, terlihat tulisan 5 ribu rupiah untuk wisatawan lokal. 

Candi Sari dari sisi kiri (dokpri)
Candi Sari dari sisi kiri (dokpri)

Karena sudah terlalu sore, saat sampai ke candi ini ternyata sudah tutup. Jadi hanya bisa melihat dari luar saja. Setelah memotret dari depan dan samping, akhirnya saya pulang meninggalkan candi bercorak Budha ini....