Mohon tunggu...
Siti nurjanah
Siti nurjanah Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Suka melakukan perjalanan, baca buku, nonton film atau drama juga mendengarkan musik. - Nulis juga di : https://www.stnurjanahh.com - IG dan Twitter : @st_nurjanahh

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

5 Langkah Sederhana Wujudkan Net-Zero Emissions

21 Oktober 2021   20:43 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:25 91 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Freepik.com

Kita tentu sangat begitu merasakan perubahan iklim yang sudah sering terjadi belakangan ini. Curah hujan yang tinggi dan terkadang kemarau yang begitu berkepanjangan.

Perubahan iklim yang tak menentu ini dampaknya bisa cukup mengkhawatirkan karena dapat mengakibatkan banjir, kelaparan, hingga ketidakstabilan ekonomi. Hal ini diperkirakan menyebabkan pemanasan global yang diakibatkan juga karena emisi karbon sehingga menyebabkan suhu udara meningkat.

Dampak pemanasan global akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan makhluk hidup serta lingkungan di bumi. Beberapa tahun terakhir sering kali mendengar berita bahwa glester mulai mencair hal ini menjadi penyebab banyak perubahan iklim yang ekstrim di beberapa wilayah.

Indonesia Komit Mewujudkan Net-Zero Emissions

Beberapa negara dari berbagai belahan dunia sudah bergerak untuk mewujudkan Net-Zero Emissions (NZE) yang tidak lain menjadi puncak harapan masa depan dimana emisi karbon sepenuhnya diserap oleh bumi melalui berbagai kegiatan manusia serta bantuan teknologi, sehingga lebih bisa mengurangi atau mengendalikan pemanasan global.

Pun demikian Indonesia, di tengah upaya mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi, pemerintah Indonesia tetap komit mewujudkan Net-Zero Emissions, selambatnya tahun 2060 untuk mengendalikan kenaikan suhu di bumi.

Konsennya akan meminta kontribusi beberapa sektor mulai dari :
- Sektor Energi
berkontribusi melalui energi baru dan terbarukan, dimana Kementerian ESDM sebagai penanggung jawabnya dan harus berkolaborasi dengan kementerian lain.

- Sektor Industri
Berkontribusi terhadap penurunan emisi, dengan lebih difokuskan kepada industri semen dan amoniak.

- Sektor Limbah
Berkontribusi terhadap penurunan emisi, dimana fokusnya pada pengelolahan limbah padat dan limbah cair.

Apa itu Emisi Karbon ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan