Mohon tunggu...
Siti nurjanah
Siti nurjanah Mohon Tunggu... Blogger

Memiliki hoby Travelling IG & Twitter : @st_nurjanahh

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Bersihnya Pariwisata, Lestarinya Alam Kita

10 Oktober 2016   02:24 Diperbarui: 10 Oktober 2016   06:13 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersihnya Pariwisata, Lestarinya Alam Kita
Gili Meno - Lombok (Dok.Pri)

Perairan pantai yang bersih dengan pasir putih beratapkan langit biru diselimuti  awan yang berarak cerh adalah dambaan pasona alam yang masih ada di negeri ini jika terus di jaga kelestarian dan kebersihannya.

Dari pengalaman perjalanan yang saya lakukan, tidak sedikit hati merasa pilu karena lingkungan yang sudah tercemar. Oleh limbah kotoran, bungkus-bungkus makanan yang di buang begitu saja semakin merusak habitat kehidupan alam disekitarnya.

Tidak perlu jauh memadang , bisa kita lihat dari lingkungan sekitar rumah atau tempat tinggal  sudahkah terjaga kebersihannya ? sudah terawatkah dengan baik lingkungannya ? secara umum kerja bakti kebersihan baru benar-benar dilakukan warga ketika sudah ada korban yang menderita sakit seperti demam berdarah atau Diare.

Benar adanya bahwa sadar kebersihan itu harus dimulai dari diri sendiri tanpa paksaan siapapun. Lingkungan yang bersih tentu saja akan memberikan efek lingkungan yang sehat pada akhirnya. Memandang dari hal tersebut maka bidang pemerintahan pun menitik beratkan pecanangan program bersih yang bertajuk Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS) merupakan bentukan Menko Maritim dan Sumber Daya.

Melihat sektor utama unggulan bangsa adalah sektor pariwisata karena Indonesia memiliki kekayaan hayati melimpah ruah dengan panorama keindahan alamnya.  Indikator bagus tidaknya pariwisata adalah keramahan dan kebersihan maka dicanangkanlah program ini dimana kawasan Marunda – Jakarta Utara ditujuk sebagai daerah pencanangan pilot project Gerakan Budaya Bersih dan Senyum. Program ini dimaksudkan tidak hanya sekedar untuk pengembangan wisata saja menyangkut pembangunan fisik namun juga mental hidup ramah dan bersih di kalangan masyarakat.

Program ini tentunya membawa tujuan positif dimana jika di lihat dari :

Sisi Sosial

- Meningkatkan kesehatan masyarakat

- Terbangunnya rasa tanggung jawab terhadap lingkungan

Sisi Budaya

- Terciptanya masyarakat bersih dan bersahabat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x