Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Blogger, Social Worker

Blogger, Social Worker https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tujuannya Ingin Berwisata, tapi Maut yang Didapatkan

27 November 2021   16:38 Diperbarui: 27 November 2021   20:17 227 19 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kenapa saat hujan justru kita pengin berwisata?  Apakah sensasi wisata saat hujan berbeda dengan saat panas?

Mungkin ada yang mengatakan bahwa sensasi hujan  membuat jadi lebih asyik atau nikmat. Tapi ada juga yang mengatakan repot  wisata saat hujan, selalu bawa payung, tidak bisa kemana-mana, hanya di sekitar hotel .   Semua pengalaman dijadikan hal yang menentukan apa perlu wisata saat hujan atau tidak.

Namun, baru kemarin Jumat 26 Nopember 2021 di Banjar Begawan, Desa Melinggih Kelod, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali,  tiga orang ditemukan meninggal dunia .    Tiga orang yang selamat . Semua korban selamat dan meninggal dunia telah ditemukan oleh tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar.

Apa yang dilakukan wisatawan lokal dan satu  orang wisatawan asal Swedia itu?    Sedianya mereka itu ingin "rafting" di sungai Ayung.    Mereka berenam menapaki, menuruni 500 anak tangga yang terbuat dari tanah yang licin karena hujan.   Ketika mereka sampai di pinggiran sungai, mereka melihat derasnya air sungai karena hujan yang lebat.  Mereka urungkan niat untuk "rafting".   Mereka mendaki tangga untuk kembali ke tempat tempat parkir.

Ketika ditengah perhentian karena kecapaian, tiba-tiba terdengar suara gemuruh tanah longsor dari atas. Mereka tak bisa melarikan diri. Kaki mereka seperti sudah terikat dengan lumpur yang menumpuki tubuh mereka.

Bahkan dua anak yang ditemukan meninggal itu sudah terseret dari tempat yang cukup jauh.  Tim BNPB mengatakan bahwa pencarian pun cukup sulit karena semua lumpur itu  sangat dalam dan masih lembek.

Tragis bukan ketika para wisatawan datang ke Bali untuk bersenang-senang, berwisata untuk menghabiskan liburannya.  Tapi bencana yang mereka dapatkan.

Tak semua orang  setuju bencana itu adalah takdir.  Sebenarnya kita perlu waspada adanya bencana  di musim hujan dengan potensi La Nina yang masih terus berlangsung dari Desember sampai Februari .

Longsor, banjir, dan angin beliung dan petir jadi ancaman kita setiap waktu.  BMKG sudah memperingatkan hal itu jauh-jauh hari setelah adanya banjir yang menimpa Sintang di Kalimantan Barat selama hampir 3 minggu.

Lalu bagaimana cara  memitigasi bencana agar  tidak terjadi saat kita berliburan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan