Mohon tunggu...
Akhlis Purnomo
Akhlis Purnomo Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter, editor, guru yoga

Suka kata-kata lebih dari angka, kecuali yang di saldo saya. Twitter: @akhliswrites

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mau Jadi Penulis? Jangan Kuliah Jurusan Sastra!

11 Maret 2021   16:01 Diperbarui: 13 Maret 2021   03:03 2224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi belajar menulis sebuah cerita. (sumber: pixabay.com/bloomingmimosa)

JIKA dulu saya ditanya, mau jadi apa saat dewasa, rasanya lidah kelu. Tidak ada jawaban yang keluar. Jawaban saya sekenanya saja. Demi memuaskan si penanya. 

Serius dipikir juga buat apa? Toh itu cuma cita-cita. Masih bisa berubah seiring perjalanan waktu.

Yang saya tahu saya suka dengan kata-kata dan buku. Saya lebih suka duduk membaca atau menulis. Saya belum tahu bahwa saya bisa menjadi penulis karena orang-orang di sekeliling saya belum ada yang dengan bangga memproklamirkan dirinya sebagai penulis penuh waktu. 

Kalaupun mereka ini ada, penulis-penulis itu orang-orang yang terasa jauh di luar sana, meringkuk di balik buku-buku  dan tulisan-tulisan hebat yang saya pernah baca.

Sementara saya meniti jalur pendidikan formal, saya merasa hasrat menulis itu terpupuk juga lama-lama. Tidak bisa dibasmi. Makin mengakar kuat dan bagaikan gulma yang dibiarkan, ia makin lama makin melebar dan 'melahap' jiwa dan pikiran saya.

Di akhir pendidikan menengah, saya pun memutuskan di jalur Ilmu Sosial setelah sebelumnya bercokol 3 hari saja di jurusan IPA. Saya tak tahan. 

Buat apa saya memperjuangkan diri di jurusan yang tak sesuai passion alias renjana karena toh saya sudah tahu benar apa yang akan saya lakukan di masa depan: saya ingin menekuni bahasa dan ilmu humaniora lalu menjadi penulis. 

Memang ada teman-teman yang masih gamang memilih jurusan kuliah apa. Tapi saya sudah membidik: jurusan sastra sajalah!

Saya memilih jurusan Sastra Inggris saat itu. Dan saya beruntung karena saya mendapatkannya tanpa melalui ujian masuk. 

Apakah menjadi mahasiswa sastra menjamin karier Anda sebagai penulis nantinya? (Foto: Wikimedia Commons oleh Johndoe 1998)
Apakah menjadi mahasiswa sastra menjamin karier Anda sebagai penulis nantinya? (Foto: Wikimedia Commons oleh Johndoe 1998)
Saya berpikir dengan kuliah di jurusan sastra macam ini saya akan mengetahui kiat-kiat menulis yang baik sehingga saya nantinya bisa menjadi penulis yang populer dan kaya-raya. Ya mau bagaimana lagi? 

Saya dididik dengan pemahaman bahwa tujuan bersekolah atau kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di kemudian hari. Pekerjaan yang menghasilkan dan bermartabat sehingga di mata masyarakat saya tidak dilecehkan atau dipandang sebelah mata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun