Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dominasi Tim Asal Inggris di Liga Champions dan Liga Eropa UEFA

16 April 2021   11:05 Diperbarui: 16 April 2021   11:14 394 21 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dominasi Tim Asal Inggris di Liga Champions dan Liga Eropa UEFA
Premier League (Liga Utama Inggris) (banjarmasin.tribunnews.com)

Tak salah jika Liga Utama Inggris disebut sebagai liga sepak bola terbaik dunia saat ini. Bukti hal itu sangat nyata, bisa dilihat di ajang Liga Champions dan Liga Eropa UEFA. Dua dari empat tim semi finalis, baik di Liga Champions maupun Liga Eropa UEFA adalah tim asal Liga Utama Inggris.

Di semi final Liga Champions UEFA ada The Blues Chelsea dan The Citizen Manchester City. Sementara di semi final Liga Eropa ada The Gunners Arsenal dan The Red Devils Manchester United.

Chelsea melaju ke semi final Liga Champions UEFA setelah mengkandaskan wakil Portugal, FC Porto di perempat final dengan agregat 2-1. Tim Inggris lainnya Manchester City mengkandaskan wakil Jerman Borussia Dortmund dengan agregat 4-2.

Di semi final, Chelsea akan menghadapi tim asal Spanyol yang juga merupakan "Raja Liga Champions", Real Madrid (28/04/2021 dan 6/05/2021). Sedangkan Manchester City akan menghadapi tim asal Prancis, PSG (Paris Saint Germain) (29/04/2021 dan 5/05/2021).

Di Liga Eropa UEFA Arsenal melaju ke semi final setelah menghancurkan tim asal Republik Ceko, Slavia Praha dengan agregat 5-1. Sementara Manchester United membungkam wakil Spanyol Granada dengan agregat 4-0.

Di semi final, Arsenal akan menghadapi semi finalis lainnya tim asal Spanyol yang berjuluk "kapal selam kuning" Villareal (29/04/2021 dan 6/05/2021). Sedangkan Manchester United akan menghadapi satu-satunya wakil Italia yang tersisa, "Serigala Kota Roma", AS Roma (29/04/2021 dan 6/05/2021).

Melihat plot pertandingan baik di Liga Champions maupun Liga Eropa UEFA, tim-tim asal Inggris berpotensi saling berhadapan di partai puncak alias partai final. Chelsea berpotensi bertemu Manchester City di final Liga Champions dan Arsenal berpotensi bertemu Manchester United di di final Liga Eropa UEFA.

Tentu saja hal itu bisa terjadi jika semua tim asal Inggris itu mampu mengalahkan lawan masing-masing di semi final. Chelsea mampu mengalahkan Real Madrid, Manchester City mampu mengalahkan PSG, Arsenal mampu mengalahkan Villareal, dan Manchester United mampu mengalahkan AS Roma.

Seandainya Chelsea benar-benar bertemu Manchester City di final Liga Champions dan Arsenal benar-benar bertemu Manchester United di di final Liga Eropa UEFA, sungguh merupakan hal yang sangat luar biasa. Liga Utama Inggris akan benar-benar menjadi kiblat sepak bola dunia.

Namun menciptakan "All England Final" baik Liga Champions maupun Liga Eropa UEFA, bukan hal yang mudah. Lawan-lawan yang dihadapi tim-tim asal Inggris di semi  final bukan tim-tim sembarangan. Mereka adalah tim-tim hebat dan kuat.

Real Madrid yang akan dihadapi oleh Chelsea di Liga Champions misalnya. Tim asal Spanyol tersebut sejauh ini merupakan  satu-satunya tim di Eropa yang mampu mengoleksi gelar Liga Champions sebanyak 13 kali. Chelsea sendiri baru mampu mengoleksi satu gelar Liga Champions pada tahun 2012 silam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN