Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

3 Faktor Persaingan Ketat 3 Tim di Puncak Liga Inggris

8 April 2024   09:19 Diperbarui: 10 April 2024   01:00 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Moh Salah siap-siap mengambil tendangan penalti saat Liverpool bermain kontra MU (7/4/24). Foto: AFP/Paul Ellis via Kompas.com

Hasil seri (2-2) antara Liverpool kontra Manchester United (MU) pada pekan ke-30 dalam lanjutan kompetesi Liga Inggris 2023/24 di Old Trafford (7/4/24) mempengaruhi peta persaingan di puncak klasemen Liga Inggris 2023/24.

Liverpool yang sebelumnya berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris harus tergeser ke posisi kedua. Arsenal ambil alih posisi puncak, dan Manchester City yang berada di posisi ketiga menempel dengan ketat. 

Arsenal dan Liverpool mempunyai koleksi poin yang sama, 71 poin. Gap poin kedua tim ini dengan Man City hanya terpaut 2 poin. 

Praktisnya, persaingan perebutan juara Liga Inggris musim ini melibatkan tiga tim tersebut. 

Tertinggal 8 laga yang akan dimainkan di Liga Inggris. Salah satu kunci yang pasti dari klum mana yang akan keluar sebagai juara Liga Inggris musim ini bergantung pada konsistensi dalam meraih poin penuh dari setiap laga tersisa. 

Tentu saja, di satu sisi, persaingan tiga tim itu memberikan warna tersendiri untuk konteks Liga Inggris. Tak berlebihan jika menyatakan bahwa Liga Inggris merupakan kompetesi yang paling bergengsi di Eropa apabila menimbang persaingan ketat yang sementara berlangsung sejauh ini. 


Secara umum, masih sangat sulit memprediksi tim mana yang akan keluar sebagai juara. Apa pun bisa terjadi dari delapan laga ke depan, termasuk peluang Man City yang bisa jadi naik ke puncak klasemen sementara Liga Inggris. 

Di balik persaingan, ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi setiap tim dalam menjaga posisi dan mewarnai persaingan. 

Faktor pertama adaah keseimbangan tim. Keseimbangan itu ditunjukan lewat komposisi skuad baik itu pemain utama dan pemain cadangan. Tiga tim mempunyai keseimbangan tim yang persis sama. 

Hal itu terlihat dari cara setiap tim melakukan rotasi. Para pelatih tak ragu melakukan rotasi pemain, dan rotasi pemain itu tak mengganggu kestabilan tim. Setiap tim tetap meraih poin penuh, dan di saat yang bersamaan tim terus tampil meyakinkan. 

Hal ini seperti menunjukkan wajah sepak bola di Liga Inggris. Untuk berada pada level puncak sebagaimana  yang ditunjukkan oleh Arsenal,  Liverpool, dan Man City, setiap tim perlu membekali skuadnya dengan keseimbangan yang cukup mumpuni. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun