Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala Champions Pertama Barcelona Lahir dari Kaki Ronald Koeman

17 Agustus 2020   14:28 Diperbarui: 23 Agustus 2020   08:19 262 34 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Piala Champions Pertama Barcelona Lahir dari Kaki Ronald Koeman
Ronald Koeman (kompas.com)

Performa Barcelona tahun ini tidaklah seperti Barcelona yang sesungguhnya. Baik di liga domestik maupun di kompetisi antar klub Eropa dan dunia, Barcelona tampil tidak mengesankan. Apalagi pasca dipermalukan Bayern Munchen di perempat final Liga Champions dengan skor telak 8-2, wibawa Barcelona yang begitu disegani seakan runtuh.

Tak heran jika Barcelona kemudian berbenah. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memecat pelatih mereka, Quique Setien. Pelatih yang direkrut Barcelona dari Real Betis, menggantikan Ernesto Valverde pada bulan Januari 2020 itu dianggap gagal membawa Barcelona ke level terbaik.

Menurut rumor yang berkembang, ada beberapa nama muncul sebagai calon pelatih Barcelona berikutnya menggantikan Setien. Ada nama mantan pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, ada nama mantan pemain Barcelona Xavi Hernandez, Thierry Henry, Laurent Blanc, Patrick Kluivert, Ronald Koeman, dan termasuk mantan pelatih yang sukses membawa Barcelona berjaya di liga domestik dan Eropa, Josep Guardiola..

Kabarnya hari ini (17/08) Barcelona akan mengumumkan secara resmi nama pelatih yang akan menggantikan Setien. Siapakah yang akan dipilih Barca, apakah Mauricio Pochettino, Xavi Hernandez, Thierry Henry, Ronald Koeman, atau nama lain ?

Menurut laporan Marca yang dilansir oleh okezone.com (17/08), Ronald Koeman adalah nama yang dipercaya Barcelona menggantikan Setien. Jadi bukan nama Mauricio Pochettino seperti sebelumnya santer diberitakan. Bukan pula nama Xavi Hernandez, Thierry Henry, Laurent Blanc, Patrick Kluivert, atau nama lainnya.

Ronald Koeman, pelatih tim nasional Belanda saat ini, dalam pantauan Marca sudah berada di Bandara Kota Barcelona (El Prat) sejak Minggu 16 Agustus 2020. Besar kemungkinan, Koeman akan diperkenalkan Blaugrana sebagai pelatih baru pada hari ini.

Kalau lah apa yang disampaikan Marca benar adanya, maka Ronald Koeman akan menjadi mantan pemain Barcelona yang kemudian menjadi pelatih Barcelona seperti kompatriotnya Johan Cruyff, Luis Enrique, atau Josep Guardiola. Ronald Koeman juga bisa jadi akan mengikuti kesuksesan mereka bertiga, menjadi pemain sekaligus pelatih Barcelona yang sukses.

Kesuksesan Barcelona di Liga Champions, sesungguhnya dimulai dari jasa besar Ronald Koeman. Kala itu musim kompetisi 1991-1992, Barcelona untuk pertama kalinya meraih Piala Champions (sebelum berganti format menjadi Liga Champions) setelah mengkandaskan Sampdoria di final, yang dilangsungkan pada tanggal 20 Mei 1992 di Stadion Wembley, Inggris dengan skor tipis 1-0.

Siapa pencetak gol semata wayang Barcelona waktu itu ? Tidak lain, dia lah yang saat ini dilaporkan Marca akan menjadi pelatih Barcelona, yakni Ronald Koeman.

Sekedar flashback, waktu itu Barcelona belum menjadi tim besar seperti "musuh bebuyutan" nya, Real Madrid. Barcelona, melaju ke final Piala Champions untuk pertama kalinya pada musim kompetisi 1991-1992 berhadapan dengan jawara Italia Sampdoria, yang juga sama-sama debutan di final Piala Champions.    

Partai final antara Barcelona melawan Sampdoria waktu itu merupakan pertemuan dua tim kuat di liga masing-masing, Spanyol dan Italia. Sampdoria saat itu bukanlah Sampdoria saat ini. Sampdoria saat itu merupakan tim papan atas Liga Italia (Serie A).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan