Mohon tunggu...
Witular Wijaya
Witular Wijaya Mohon Tunggu... Business
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

saya suka bermain games

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Hematnya Mobil Listrik Dibandingkan Bensin Konvensional

18 September 2019   10:20 Diperbarui: 18 September 2019   10:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Hematnya Mobil Listrik Dibandingkan Bensin Konvensional
drivingeco.com

Pada faktanya, kendaraan yang menggunakan tenaga listrik bisa menghemat biaya hingga 40% dibanding kendaraan yang menggunakan bahan bakar Premium hal ini dikatakan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Tarif listrik adalah Rp 1.467/kWh. Itu merupakan tarif untuk daya 1.300 VA dan ditambah pemerintah akan memberi diskon sebesar 30% jika menggunakan listrik pada pukul 22.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Dengan adanya diskon yang diberikan pemerintah maka tarif menjadi Rp 1.026 per kWh. Hal ini dikatakan jauh lebih murah dibandingkan BBM Premium.

Walau dapat dikatakan harga mobil listrik jauh lebih mahal tetapi biaya energi untuk kendaraan listrik jauh lebih  murah. jadi untuk jangka panjang kita bisa menghemat 40% pengeluaran kita dibandingkan menggunakan mobil bermesin konvensional.

drivingeco.com
drivingeco.com
Kehematan ini juga di dukung teknologi yang ada dalam mobil listrik, dan tergantung kapasitas batre mobil itu sendiri. maka dari itu banyak perusahaaan otomotif berlomba-lombaa membuat mobil listrik dengan kapasitas batre yang besar.

Nissan Leaf menggunakan baterai tipe Li-ion dengan kapasitas 40 kWH yang mampu menempuh 400 kilometer dalam satu kali pengisian daya, wow angka tersebut sangatlah besar, jika dibandingkan mobil bensin konvensional dengan bensin full.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x