Mohon tunggu...
Wita Mutmainah
Wita Mutmainah Mohon Tunggu... Mahasiswa Unpam || Manajemen

Let your dream be your wings

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Pandemi terhadap Perekonomian Masyarakat

15 Mei 2021   20:20 Diperbarui: 15 Mei 2021   20:28 26 0 0 Mohon Tunggu...

Dampak pandemi terhadap perekonomi masyarakat. 

   Selama masa pandemi ini memang banyak orang mengeluh terhadap perekonomian yang setiap saat terus saja menurun.

   Dampak pandemi terhadap perekonomian rakyat, diantaranya banyak usaha yang mengalami kerugian bahkan hingga gulung tikar karena pandemi, akibat dari pembatasan sosial dan karantina wilayah serta adanya aturan pelarangan dibukanya tempat-tempat wisata, rumah makan dll. menyebabkan penurunan pendapatan hingga kebangkrutan.

   Banyak dari masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena mata pencaharian mereka itu seakan dibatasi. Contohnya seperti tempat wisata, masyarakat disekitar tempat wisata biasanya bisa menjual makanan atau aksesoris kepada pengunjung, namun karena adanya pandemi, sehingga diberlakukan pembatasan dan penutupan menyebabkan mereka kehilangan mata pencaharian karena tidak ada wisatawan yang berkunjung. 

   Akibat dari pandemi yang belum tentu kapan akan berakhir, menyebabkan terjadinya pembatasan pergerakan, banyak investasi yang akhirnya ditarik atau diberhentikan yg berdampak pada kelangsungan sebuah usaha. Turunnya daya beli masyarakat sehingga banyak usaha yg menurunkan jumlah produksinya, sehingga menyebabkan banyak terjadinya phk. Akibat dari phk yang menyebabkan meningkatnya angka pengangguran.

   Serta terbatasnya untuk ekspor dan impor barang karena lockdown nasional, bila meningkatkan angka kemiskinan, pendapatan usaha yg menurun hingga lebih dari 50%.

PENULIS:

Wita Mutmainah || Manajamen S1 || Universitas Pamulang. 

VIDEO PILIHAN