Mohon tunggu...
Wilfried Raynard
Wilfried Raynard Mohon Tunggu... hanya seorang Siswa SMA yang tak berdosa

membagikan pendapat dan pemikiran kaum milenial

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Krisis Kemanusiaan dan Mirisnya Peradilan

16 Mei 2019   21:55 Diperbarui: 16 Mei 2019   22:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pertama -- tama saya panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah ini, yang berjudul Krisis Kemanusiaan & Mirisnya Peradilan. Dan juga saya berterimakasih kepada keluarga, sanak saudara, dan teman -- teman yang sudah mendukung saya untuk menyelesaikan makalah ini. Terima kasih kepada wifi antarakata dan wifi di rumah dan internet dan google yang telah membantu saya.

Di makalah ini saya menceritakan pendapat saya mengenai kemanusiaan yang terjadi pada Indonesia. Apakah kemanusiaan di Indosnesia sudah adil? Atau apakah di Indonesia keadilan sendiri itu selalu ditegakkan dengan benar? KKN melebihi keadilan kemanusiaan? Ataukah uang selalu bisa mengalahkan keadilan? Semua itu akan saya bahas di dalam makalah ini. Gambaran yang dapat saya lihat di kehidupan sehari -- hari merupakan bahan dari makalah ini. Dan juga saya mencoba untuk berpikir dengan perspektif lain. Perspektif dari orang yang dirugikan maupun yang diuntungkan. Karena seperti kita tahu bahwa di Indonesia banyak sekali terjadi KKN baik di kalangan pemerintahan atau pengadilan, maupun dalam hal kecil seperti di lingkungan kita sendiri, di sekolah ataupun di dalam pertemanan secara tidak langsung kita melakukan KKN mau membantu bila dibantu misalnya, ataupun hanya mementingkan diri sendiri saja atau hanya memikirkan orang yang dekat dengannya saja.

Di tempat sekolah saya SMA Kolese Loyola, kita diajarkan untuk Compassion yaitu saling peduli dan mau membantu sesama dengan ikhlas dan tulus hati. Sehingga KKN yang terjadi di lingkungan sekolah saya sangat jauh dari KKN itu sendiri, karena kita tidak hanya melatih rasa kepedulian kita, tetapi juga hati nurani Conscience, komitmen untuk tidak melakukan hal -- hal yang negatif  Commitment, dan kita juga diajarkan untuk berkompeten, mampu bersaing dengan siswa lain (KKL Keluarga Kolese Loyola) untuk melakukan segalanya yang terbaik hingga bisa saling bersaing Competent

Makalah ini sangat jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan semata. Bila ada kata -- kata yang kurang berkenn mohon dimaafkan.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang     

Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kemanusiaan, krisis manusia, kesenjangan dan juga berbagai ketidak adilan yang terjadi di negara kita ini. Pertama -- tama apa itu kemanusiaan, bagiku kemanusiaan sendiri itu adalah suatu rasa yang dimiliki oleh manusia itu sendiri yang memanusiakan manusia lain, atau memberlakukan manusia selayaknya manusia, tidak memberlakukan manusia seperti hewan atau memandang derajat manusia lain lebih rendah atau lebih tinggi. Karena manusia itu derajatnya sama semua dan kita tidak seharusnya memandang derajat manusia itu berbeda -- beda dari suku, ras ataupun budaya dan kepercayaan mereka.

Krisis adalah suatu keadaan dimana terjadinya peralihan dari keadaan lama menuju keadaan baru yang belum pasti. Misalnya, metode lama telah ditinggalkan, tetapi metode baru belum sepenuhnya dapat digunakan, sehingga yang terjadi adalah kebingungan, karena belum adanya metodologi baru yang memadai. Krisis kemanusiaan merupakan suatu peristiwa atau runtutan peristiwa ancaman kritis terhadap kesehatan, keamanan, dan keberadaan atau eksistensi suatu komunitas atau suatu kelompok besar dalam suatu wilayah luas.

Kesenjangan manusia amat sering terjadi, bahkan dikalangan remaja, sampai dewasa. Di kalangan remaja misalnya, sekarang banyak anak -- anak yang sudah memiliki gadget. Tetapi apa yang akan terjadi pada anak yang orangtuanya tak mampu membelikan gadget sehingga anaknya tak mampu ikut bermain bersama dengan teman -- temannya yang bermain gim bersama. Dan juga pada keluarga yang ekonominya sejahterah, mereka akan semakin menambah kaya, sedangkan yang kekurangan akan menjadi -- jadi kekurangan yang dialaminya. Hal ini lah yang menyebabkan kesenjangan sosial banyak terjadi di lingkungan masyarakat indonesia.

Keadilan di Indonesia bisa dikatakan miris. Karena banyak pejabat atau orang kaum "elite" yang melakukan KKN itu sendiri. Dan ksrena mereka melakukan korupsi, mereka menutupinya dengan kolusi atau menyuap orang atau pihak yang mengetahui apa yang sedang dilakukannya. Bangsa kita masih harus berkembang lebih jauh, karena mana bisa kita menjadi negara maju jika orang orang yang berada di kursi pemerintahan, pejabat, pengadilan itu sendiri masih melakukan ketidakadilan yang merampas harta dan kekayaan yang seharusnya milik rakyat draup dan di ambil oleh mereka -- mereka dengan tanpa dosa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3