Mohon tunggu...
Muhammad Wildhan Pamungkas
Muhammad Wildhan Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis di masa depan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester 6

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Sebulan Melaksanakan PPL sebagai Guru

27 Oktober 2023   13:37 Diperbarui: 27 Oktober 2023   13:53 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SMPN 103 Cijantung Jakarta Timur. Sumber : Dokumentasi Pribadi

Tak terasa September lalu saya memasuki semester tujuh. Pada semester tujuh ini saya bisa mengambil mata kuliah PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang sebenarnya saya dulu mengalami PKL saat smk dan kuliah saya mengalami PPL namun bedanya di ranah pendidikan. Butuh proses tentunya untuk mendapatkan kelompok. Bahkan saya menghubungi pihak kampus dari bulan Juli untuk bertanya mengenai pelaksanaan PPL.

Banyak yang lalu di lewati akhirnya mendapatkan kelompok yang tentunya dari orang yang saya kenal baik di jurusan saya dan teman-teman bahasa inggris yang bergabung dan saat itu juga baru kenal karena tim ppl.

Tim Kelompok SMPN 103 Cijantung Jakarta Timur. Sumber : Dokumentasi Pribadi.
Tim Kelompok SMPN 103 Cijantung Jakarta Timur. Sumber : Dokumentasi Pribadi.

Untuk mendapatkan kelompok ini prosesnya panjang dan mendapatkannya pun sampai seharian penuh dari pagi sampai ketemu sore. Pada saat itu menemukan SMPN 103 Cijantung yang letaknya tak jauh dari kampus. Dalam pencariannya pun hanya perwakilan beberapa yang masuk untuk berkomunikasi yang ternyata diperbolehkan. Selepas itu tentunya kami sering kumpul untuk mengobrol dan persiapan berkasnya agar mendapatkan surat dari pihak kampus.

Bisa dibilang 2-3 kali ke kampus menanyakan perihal jadwal sampai penyerahan surat dari kampus. Sampai akhirnya tanggal 2 Oktober 2023 barulah kami di mulai ppl. Saat itu walau sebenarnya bukanlah jadwal saya. Tetapi saya ingin masuk untuk melihat kondisi sekolah.

SMP NEGERI 103 JAKARTA. DOKUMENTASI PRIBADI
SMP NEGERI 103 JAKARTA. DOKUMENTASI PRIBADI
Kantin. Sumber : SMPN 103 Jakarta
Kantin. Sumber : SMPN 103 Jakarta
Buku pegangan saya mengajar. Dokumentasi Pribadi
Buku pegangan saya mengajar. Dokumentasi Pribadi

Setelah sekian lama tidak memasuki kawasan sekolah. Jadi cukup kaget dan apalagi sekolah negeri sebagai lulusan swasta cukup berbeda dengan saya ekspetasikan. Bahkan kami ikut nimbrung ikut jajan di kantin. Namun di hari pertama saya gunakan untuk observasi di kelas 8-6.

Lalu di hari kedua saya gunakan untuk observasi lagi di kelas 8-10 (Kelas yang saya pilih). Namun bedanya saya hanya sendiri sebagai perwakilan bahasa indonesia karena setiap harinya kami memiliki jadwal yang berbeda. Kemudian di hari ketiga saya sudah ada persiapan mengajar yang tentunya merasakan deg-degan.

Kegiatan Literasi Bahasa Inggris. Dokumentasi Pribadi
Kegiatan Literasi Bahasa Inggris. Dokumentasi Pribadi
Memasuki kelas 8-6. Dokumentasi Pribadi
Memasuki kelas 8-6. Dokumentasi Pribadi

Saya masuk dua kelas yaitu kelas 8-6 dan kelas 8-10 yang untungnya materinya sama. Yang tentunya saya mengajari dengan cara yang saya bisa. Walau sebenarnya sebagai introvert yang harus melawan 36 siswa kali 2 itu agak sulit. Yang tentunya pertama-tama persiapan hati dan diri lebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun