Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Freelancer - Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Negara Pertama di Dunia! Bitcoin Menjadi Mata Uang Sah di El Salvador

10 Juni 2021   11:24 Diperbarui: 10 Juni 2021   11:45 147 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Negara Pertama di Dunia! Bitcoin Menjadi Mata Uang Sah di El Salvador
Bitcoin akan menjadi alat pembayaran sah di El Salvador, bersanding dengan US Dollar (Michael Wuensch/Pixabay)

El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah setelah Kongres pada hari Rabu menyetujui proposal Presiden Nayib Bukele untuk merangkul cryptocurrency, sebuah langkah yang menyenangkan para pendukung mata uang tersebut.

Dengan 62 suara persetujuan dari total 84 suara, anggota parlemen mendukung langkah untuk membuat undang-undang untuk mengadopsi bitcoin, meskipun ada kekhawatiran tentang dampak potensial pada program El Salvador dengan Dana Moneter Internasional.

Bukele telah menggembar-gemborkan penggunaan bitcoin karena potensinya untuk membantu orang-orang Salvador yang tinggal di luar negeri untuk mengirim uang kembali ke rumah (remitensi), sambil mengatakan dolar AS juga akan berlanjut sebagai alat pembayaran yang sah. El Salvador tidak memiliki mata uang sendiri.

Baca juga:
"Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Dia Bekerja?"
"Dogecoin, dari Lelucon Kini Rival Bitcoin"

"(Mensahkan bitcoin sebagai mata uang nasional) akan membawa inklusi keuangan, investasi, pariwisata, inovasi dan pembangunan ekonomi untuk negara kita," kata Bukele dalam sebuah tweet sesaat sebelum pemungutan suara di Kongres, yang dikendalikan oleh partai dan sekutunya.

Dalam sebuah ide yang tampaknya telah dia kembangkan dalam semalam, Bukele kemudian mengatakan dia telah menginstruksikan perusahaan listrik panas bumi milik negara LaGeo untuk mengembangkan rencana untuk menawarkan fasilitas penambangan bitcoin menggunakan energi terbarukan dari gunung berapi negara itu.

Dia mengatakan idenya adalah untuk membangun pusat penambangan bitcoin di sekitar potensi panas bumi negara itu. Dia juga mengatakan bahwa El Salvador akan menawarkan kewarganegaraan kepada orang-orang yang menunjukkan bukti bahwa mereka telah berinvestasi dalam setidaknya tiga bitcoin.

Penggunaan bitcoin akan menjadi pilihan bagi individu dan tidak akan membawa risiko bagi pengguna, kata Bukele, dengan pemerintah menjamin konvertibilitas ke dolar pada saat transaksi melalui dana $150 juta yang dijaminkan bank pembangunan negara BANDESAL.

Berdasarkan undang-undang, bitcoin harus diterima oleh perusahaan saat ditawarkan sebagai pembayaran untuk barang dan jasa. Kontribusi pajak juga dapat dibayarkan dalam cryptocurrency.

"Jika Anda pergi ke McDonald's atau apa pun, mereka tidak dapat mengatakan bahwa kami tidak akan mengambil bitcoin Anda, mereka harus mengambilnya secara hukum karena itu adalah alat pembayaran yang sah," kata Bukele dalam percakapan online yang diadakannya dengan industri mata uang kripto yang berlangsung paralel dengan perdebatan di Kongres.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN