Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Viral Artikel Utama

Dogecoin, dari Lelucon Kini Rival Bitcoin

14 Mei 2021   15:11 Diperbarui: 17 Mei 2021   00:45 1273 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dogecoin, dari Lelucon Kini Rival Bitcoin
Dogecoin adalah mata uang kripto, seperti Bitcoin atau Ethereum (Shutterstock via kompas.com)

Dogecoin adalah mata uang kripto, seperti Bitcoin atau Ethereum. Meskipun begitu, produk dan komunitas pengguna Dogecoin berbeda dan unik, seperti Elon Musk

Dogecoin awalnya dibuat sebagai lelucon ringan untuk penggemar crypto, dan mengambil namanya dari meme yang pernah viral.

Terlepas dari kisah asalnya yang tidak biasa ini, popularitasnya meledak pada tahun 2021 --- pada saat penulisan, Dogecoin telah menjadi mata uang kripto terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar menurut data CoinMarketCap.

Apa itu Dogecoin?

Dogecoin dibuat 6 Desember 2013, oleh sepasang insinyur perangkat lunak sebagai lelucon.

Billy Markus, seorang programmer IBM dari Portland, Oregon, ingin membedakan crypto-nya dari Bitcoin, yang penuh dengan misteri dengan pencipta anonim dan pada saat itu hanya menarik sekelompok kecil penambang.

Baca juga: "Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Dia Bekerja?"

Markus ingin cryptocurrencynya terbuka untuk umum, menurut Usman Chohan, ekonom di University of New South Wales Business School, dalam makalah yang diperbarui pada bulan Februari tentang mata uang digital.

Markus mencari bantuan untuk mewujudkan mimpinya yang aneh dan menemukan Jackson Palmer, yang bekerja untuk Adobe (ADBE).

Palmer membeli domain dogecoin.com - mereferensikan meme "doge" yang viral di internet pada saat itu.

Seperti meme doge yang menampilkan anjing Shiba Inu dikelilingi oleh sekumpulan teks Comic Sans dalam bahasa Inggris yang terbata - bata, di dogecoin.com, maskotnya diberi  slogan: "Dogecoin adalah mata uang digital peer-to-peer open source, disukai oleh semua anjing Shiba Inu di seluruh dunia."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN