Mohon tunggu...
Willi Andy
Willi Andy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hidup dengan cinta dan kasih sayang

Berjuang dengan sungguh-sungguh tanpa lelah dan penuh perhatian

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Melanjutkan Tradisi Bertani dari Indonesia ke California di Pekarangan Rumah

25 Juni 2022   04:00 Diperbarui: 8 Juli 2022   03:49 1601 44 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi ayah dan anak yang sedang berkebun di pekarangan. Unsplash.com

Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah kedaulatan yang sangat luas. Ini mencakup daratan dan perairan sebagai teritori milik Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari faktor pendukung di atas khususnya bagian daratan, menjadikan rakyat Indonesia memilih bekerja sebagai petani. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 5 November 2020, sektor pertanian di Indonesia adalah yang tertinggi dibandingkan sektor lainnya yaitu 29,76 persen jika ditinjau dari Persentase Penduduk Bekerja versi BPS.

Sebagai rakyat Indonesia yang hidup di iklim tropis dan sebagian besar sebagai petani, kita sangat bangga dengan mereka dan hasil pertanian. Indonesia kaya akan hasil pertanian dan perkebunan, menjadikan mereka sebagai produk utama yang diekspor ke manca negara.

Inilah keunggulan kita sebagai negara yang memiliki ladang subur yang luas dan beriklim tropika. Maka dari itu sangat baik untuk bercocok tanam dan bertani di tanah subur Indonesia yang kaya dengan mineral sebagai makanan tumbuhan.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki lahan yang cukup luas apalagi jika kita hidup di tengah kota? Yang notabene lahan yang digunakan sudah pasti untuk pembangunan gedung-gedung dan lapangan parkir.

Jangan panik dulu, sohib. Asalkan kita memiliki lahan tanah yang meskipun tidak besar, kita bisa memanfaatkannya. Tanah bisa kita beli dan beri pupuk, maka tanah akan menjadi subur dengan memperhatikan sistem pengairan atau penyiraman air yang ideal.

Di samping itu, kita harus memperhatikan apa yang harus kita tanam sesuai dengan iklim yang mendukung pertumbuhan mereka.

Dalam artikel ini, saya akan membawa pembaca untuk melihat lahan pekarangan kami di sini. Kami memanfaatkan lahan yang sempit dan berbagai pot untuk berkebun dan bercocok tanam.

Kami tinggal di daerah subtropis yaitu di negara bagian California. Karena negara bagian California sangatlah besar dan luar maka California dibagi menjadi dua bagian secara geoografi yaitu California Utara dan California Selatan. Kami berada di California Selatan.

Pekarangan depan kami tanami beberapa tanaman yaitu tomat kecil, jagung, labu kuning, labu botol, tanaman kundur, mentimun, mawar dan bayam merah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan