Mohon tunggu...
Wildan Hakim
Wildan Hakim Mohon Tunggu... Penyuka kopi dan olah kosakata

Lahir dan besar di Kediri Jatim. Alumni FISIP Komunikasi UNS Surakarta. Pernah menjadi wartawan di detikcom dan KBR 68H Jakarta. Menamatkan program master bidang manajemen komunikasi dari Universitas Indonesia pada 2012. Sempat bekerja sebagai konsultan komunikasi untuk PNPM Mandiri Perkotaan. Saat ini mengajar di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Dalgona di Tengah Corona

11 April 2020   17:56 Diperbarui: 17 April 2020   23:25 107 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dalgona di Tengah Corona
Hasil karya dalgona dari rekan saya Ismi, PNS di Dinas Sosial Pemprov DIY. Dia memamerkan dalgonanya di grup WA untuk menyemangati anggota grup yang lain.

Beberapa pekan ini, sebagian warganet +62 sibuk pamer di akun media sosialnya. Terlihat, mereka sedang memajang hasil kreasinya; dalgona.

Di tengah wabah Corona yang mendunia, dalgona berhasil mencuri perhatian warga yang sebagian harus bersabar menjalani aktivitas #dirumahsaja.
Sebagian unggahan di media sosial rekan saya diisi dengan kisah sukses mereka membuat dalgona. Bahaya virus Corona sejenak terlupa dengan paduna pahit, manis, dan gurihnya racikan dalgona.

Saya sendiri saat tulisan ini diketik, sudah tiga kali gagal membuat dalgona. Daripada terjebak rasa putus asa, saya tuangkan saja tulisan ringan seputar dalgona.

Daya pesona dalgona

Kalau Anda rajian berselancar ke Youtube dan mengetikkan pencarian dalgona, dengan mudah ditemukan cara meracik minuman yang satu ini. Tampilan visual dalgona memang memesona.

Ada perpaduan warna coklat dan putih saat dalgona sudah dituangkan ke dalam gelas. Warna putih dihasilkan dari susu sapi cair dan warna coklatnya berasal dari kopi yang dicampur dengan gula pasir.

Nah, memadukan kopi dan gula pasir sampai menjadi foam berwarna coklat ini yang menjadi tantangan tersendiri. Kalau melihat video tutorialnya sih mudah saja. Pas dipraktikkan, di situlah terselip ujian kesabaran.

Untuk menghasilkan foam berwarna coklat, pembuat dalgona harus mengocok kopi yang dicampur dengan gula pasir dan air panas selama minimal lima menit. Aktivitas mengocok ini sebaiknya dilakukan menggunakan mixer yang biasa dipakai untuk membuat adonan kue.

Bisa saja dikocok tanpa mixer. Syaratnya tangan siap-siap pegel.

Dari penelusuran cerita sukses sejumlah teman di grup Whatsapp, untuk menghasilkan foam yang sempurna, harus dipastikan dulu dengan baik bahan baku dan takarannya.

Untuk takaran gunakan perbandingan 1 : 1 : 1. Artinya, satu sendok kopi, satu sendok gula, dan satu sendok air panas. Campurkan ketiganya di sebuah wadah lalu aduk atau kocok menggunakan mixer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN