Mohon tunggu...
Wijayanti Ismail
Wijayanti Ismail Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Alami Overthinking bahkan Depresi Ringan? Simak 5 Tips Self Healing Berikut!

9 Juni 2021   07:12 Diperbarui: 9 Juni 2021   08:40 199 15 1 Mohon Tunggu...

Singkatnya, overthinking adalah suatu kondisi di mana Anda mengalami banyak pikiran. Sementara depresi adalah gangguan kesehatan mental yang sering ditandai dengan perubahan suasana hati (mood) yang drastis dan terjadi secara terus menerus. 

Namun, tidak semua perilaku atau perbuatan yang dilakukan dengan mood yang buruk dapat dikatakan sebagai depresi. Jadi, jangan sampai juga menyalahartikan kalau sedih berkepanjangan itu berarti Anda mengalami depresi. Ada baiknya Anda perlu mencari tahu tentang depresi dan gejala-gejalanya lebih dulu, atau dapat memastikannya dengan pergi konsultasi ke psikiater. 

Beberapa orang yang sempat mengalami overthinking maupun depresi mungkin tahu bagaimana cara mengatasinya dengan melakukan self healing sederhana. Namun, sebagian di antaranya juga mungkin belum mengetahui cara self healing. Bahkan mungkin belum mengetahui apa arti sebenarnya dari self healing tersebut. 

Self healing dapat diartikan sebagai suatu proses penyembuhan kesehatan mental atau luka batin yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Bentuk dari pada luka batin ataupun gangguan mental tersebut seperti overthinking, sedih yang tidak berujung, kecemasan, merasa gagal, insecurity, trauma akan kejadian di masa lalu, selalu menyalahkan diri sendiri hingga dapat berujung depresi. 

Setelah Anda mengetahui gambaran dari self healing tersebut, berikut ini saya bagikan 5 tips self healing yang dapat Anda lakukan dengan mudah. 

1. Buat sugesti positif. 

Hal ini harus dilakukan guna melawan pikiran-pikiran negatif Anda terhadap sesuatu. Sugesti positif tersebut mungkin dapat Anda terapkan sehari-hari di setiap paginya. Misalnya dengan selalu menanamkan pada diri Anda dengan ungkapan seperti ini, "setiap kita adalah orang yang berharga", atau ungkapan "semangat menjalani hari!".

2. Biarkan emosi negatif mengalir. 

Anda dapat meluapkan emosi negatif Anda tanpa menyakiti siapapun. Emosi negatif tersebut dapat berupa kesedihan, kecemasan, kemarahan, atau keputusasaan. Bagaimana cara meluapkannya? Beberapa art hack sederhana mungkin bisa Anda coba. Seperti merobek kertas dapat membantu Anda dalam mengungkapkan amarah dan sebagainya. 

3. Beri ruang untuk diri sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x