Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kesabaran Calon Guru Penggerak

7 Juli 2023   22:54 Diperbarui: 8 Juli 2023   02:43 3985
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah Omjay kali ini tentang kesabaran seorang calon guru penggerak. Selama 6 bulan kami mengikuti program pendidikan guru penggerak (PPGP). Besok hari Sabtu, 8 Juli 2023 kami akan mengadakan kegiatan panen raya calon guru penggerak di SMKN 24, Cipayung, Jakarta Timur. Hari ini kami diminta mempersiapkan acara panen raya calon guru penggerak.

Sumber gambar dokpri 
Sumber gambar dokpri 

Malam ini Omjay sengaja menginap di hotel yang ada di SMKN 24 Jakarta. Omjay menginap di kamar 211 lantai 2. Omjay berharap dapat melakukan refleksi diri setelah 6 bulan menjalani program pendidikan guru penggerak di Jakarta Timur. 

Pekerjaan di LMS baru OMjay selesaikan sebanyak 85 % dan belum semua tugas Omjay kerjakan hingga tuntas. Malam ini akan omjay tuntaskan sedikit demi sedikit. Kesabaran adalah kunci untuk mendapatkan kesuksesan.

Sumber gambar dokpri 
Sumber gambar dokpri 


Program Pendidikan Guru Penggerak bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan pedagogi guru sehingga dapat mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik dan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di dalam dan di luar sekolahnya. 

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Keberhasilan pelaksanaan PPGP ditentukan oleh kesungguhan semua pihak dalam melaksanakan program ini. Kesungguhan yang paling utama adalah kusungguhan dari Calon guru penggerak atau CGP.

"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama."
- Nadiem Makarim-

Sumber gambar dokpri 
Sumber gambar dokpri 

Selama 6 bulan kami merasakan pendampingan individu (PI) yang dilakukan oleh guru pengajar praktik yang luar biasa semangatnya. Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak  (CGP) menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:

  1. Mengembangkan  diri sendiri dan juga guru lain  dengan cara melakukan refleksi,  berbagi, dan kolaborasi;
  2. Memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik;
  3. Merencanakan,  menjalankan,  merefleksikan, dan  mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.

Proses pendampingan individu akan berlangsung satu bulan sekali sepanjang proses Pendidikan Guru Penggerak. Dalam setiap bulannya, Pengajar Praktik akan mengunjungi sekolah Calon Guru Penggerak selama kurang lebih 4 jam pelajaran untuk mengamati kegiatan pembelajaran dan perubahan yang terjadi di sekolah sebagai implementasi pembelajaran daring dan lokakarya serta mengajak mereka merefleksikan prosesnya. Senang sekali dikunjungi oleh guru pengajar praktik. Omjay merasakan kelebihan dan kekurangan Omjay dalam mengajar secara utuh.

Sumber gambar dokpri. Omjay bersama pak file guru pengajar praktik cgp7 
Sumber gambar dokpri. Omjay bersama pak file guru pengajar praktik cgp7 

Tema Pendampingan Individu ada 6 yaitu: 

PI-1: Refleksi awal kompetensi guru penggerak

  1. Diskusi tantangan belajar daring
  2. Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
  3. Diskusi pembuatan kerangka portofolio
  4. Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak

PI-2: Perubahan paradigma pemimpin pembelajaran

  1. Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah
  2. Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
  3. Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
  4. Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP

PI-3: Implementasi Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

  1. Refleksi hasil survei (feedback 360) + penilaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak
  2. Diskusi rencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional
  3. Diskusi hasil lokakarya 2 (keterlaksanaan dari tahapan BAGJA)

PI-4: Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran

  1. Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional
  2. Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran. 

PI-5: Rancangan Program yang Berpihak pada Murid

  1. Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1
  2. Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid
  3. Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat

PI-6: Refleksi perubahan diri dan dampak pendidikan

  1. Persiapan panen hasil belajar
  2. Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360)
  3. Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi
  4. Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah dikomunikasikan ke warga sekolah

Persiapan Pendampingan Individu ada 8 yaitu:

  1. Melakukan koordinasi dengan penyelenggara Program Pendidikan Guru Penggerak terkait dengan jadwal pendampingan;
  2. Bacalah profil Calon Guru Penggerak yang akan anda dampingi sebelum pertemuan;
  3. Tulislah tujuan dan topik pendampingan di setiap pertemuan pada Catatan Pendampingan
  4. Komunikasikanlah tujuan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak sebelum memulai kegiatan pendampingan;
  5. Pelajari fokus pendampingan bulanan dan materi-materi yang berkaitan;
  6. Dalam pendampingan, Pendamping/Pengajar Praktik berperan untuk mengapresiasi pencapaian dan upaya implementasi yang sudah dilakukan Calon Guru Penggerak, memotivasi, mendiskusikan bersama solusi untuk tantangan dan kendala yang dihadapi, serta membantu Calon Guru Penggerak menemukan pembelajaran-pembelajaran dalam setiap prosesnya;
  7. Jika fokus pendampingan berkaitan dengan penugasan pada fase pendidikan daring, sempatkan diri untuk mempelajari hasil yang dikumpulkan oleh setiap Calon Guru Penggerak pada portal belajar (learning management system) PGP atau bagian Jurnal Komunikasi dengan fasilitator;
  8. Baca kembali catatan-catatan pada coaching log untuk mengetahui pembahasan pada pertemuan sebelumnya.

Input sumber gambar dokpri 
Input sumber gambar dokpri 

Tips Memberikan Umpan Balik Saat Coaching, yaitu:

  1. Pendamping yang berperan sebagai pemberi umpan balik diharapkan hadir sepenuhnya sehingga dapat fokus pada CGP yang adalah penerima umpan balik.
  2. Hindari melakukan/memberikan coaching dan/atau umpan balik disaat yang sulit, misalnya ketika jam sibuk anda sebagai Pendamping.
  3. Bersabarlah dalam memberikan umpan balik/coaching. Menguatkan kualitas kesabaran dapat memampukan Pendamping untuk bisa merespon pada saat yang tepat dan mampu memberikan ruang kepada CGP untuk bicara.
  4. Bangunlah rasa ingin tahu sebagai pendamping dan hindari pemberian nasihat atau solusi secara langsung. Fokuskan rasa ingin tahu sebagai pendamping pada ucapan yang disampaikan CGP.
  5. Dalam memberikan umpan balik, mulailah dengan menyepakati topik pembicaraan dan hasil pembicaraan yang diharapkan.
  6. Hubungkan fakta-fakta berdasarkan kejadian-kejadian yang dihadapi selama proses pendidikan.
  7. Bersama-sama dengan CGP, kembangkan ide sebagai alternatif solusi
  8. Bersama dengan CGP, perkuat komitmen untuk proses selanjutnya.

Panduan Pengisian Coaching Log, yaitu:

  1. Tuliskan topik pembahasan pendampingan yang akan dilakukan.
  2. Tulislah hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung
  3. Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari topik pendampingan yang telah tersedia.
  4. Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan
  5. Tuliskan catatan yang perlu diperhatikan ketika proses pendampingan selanjutnya.
  6. Tuliskan hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan.
  7. Buatlah/tuliskan rencana tindak lanjut untuk proses pendampingan selanjutnya.

Sumber gambar dokpri 
Sumber gambar dokpri 

Demikianlah kisah Omjay tentang kesabaran calon guru penggerak. Semua akan indah pada waktunya dan kami akan merayakannya di saat panen Raya esok hari. Sekaligus juga menampilkan hasil karya guru dan murid dalam festival panen raya guru penggerak. Mohon doanya acara panen raya berjalan lancar.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Sumber gambar dokpri
Sumber gambar dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun