Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kematian

10 Juli 2021   10:38 Diperbarui: 10 Juli 2021   10:44 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kematian itu pasti, dia akan datang menghampiri. Semua makhluk yang bernyawa akan menghadapi. Ayo kita siapkan diri.


Sekarang ini banyak orang yang mati atau meninggal di masa pandemi. Dulu kita tak kenal siapa yang mati. Sekarang yang mati adalah orang-orang terdekat kita. Wabah Corona telah membuat mereka tiada.

Saya ikut berduka, ketika Ibu Lita, mengirimkan foto pemakaman ibunya di WA group. Saya ikut merasakan kesedihannya. Betapa sedih ditinggalkan ibunda tercinta. Apalagi setelah itu ayahanda menyusulnya. Jadilah saya yatim piatu karenanya. Tak ada ayah dan bunda. Sedih sekali rasanya.

Minggu lalu saya kehilangan om saya yang ceria. Beliau meninggal karena positif Corona. Kemudian guru-guru saya banyak yang meningggal juga. Sekarang saya kehilangan teman-teman saya. Satu per satu mereka pergi tinggalkan dunia. Rasanya tak percaya mereka telah tiada.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

QS Al Waqi'ah Ayat 60

"Kami telah menentukan kematian diantara kamu dan Kami sekali kali tidak akan dapat dikalahkan". (QS Al Waqi'ah : 60). Allah maha kuasa atas segala sesuatu, tidak ada yang mampu mengalahkan kuasa Nya termasuk tentang kematian, Allah lah yang menentukan kapan dan dimana hamba Nya akan kembali pada Nya.

QS Al Jumu'ah Ayat 8

"Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". (QS Al Jumu'ah : 8). Pada kehidupan setelah mati nanti akan ditunjukkan kepada setiap insan segala yang diperbuatnya selama di dunia, dan hanya kepada Allah hamba Nya kembali.

Itulah kematian yang akan kita hadapi. Mati itu pasti. Tinggal kita persiapkan diri. Siapa yang mengingat mati, mereka adalah orang yang punya hati. Dia tahu akan ada hidup sesudah mati.

Demikian juga yang saya alami. Beberapa waktu lalu saya bergembira sekali. Saya terasa dapat rezeki yang banyak sekali. Sekarang mereka telah mati. Empat ekor anak kucing yang lucu sekali.

https://youtube.com/shorts/wMn0Y484cGE?feature=share

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun