Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Guru Blogger Sekaligus Guru Youtuber

20 Januari 2020   10:22 Diperbarui: 20 Januari 2020   10:47 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menjadi Blogger dan Youtuber

Minggu, 19 Januari 2020 saya dan Ibu Betti mengadakan kegiatan workshop menjadi blogger dan youtuber di Sekut Coffe jl RA Kartini kota Bekasi. Donasinya hanya Rp. 50.000 saja. Peserta mendapatkan sertifikat usai acara. Alhamdulillah ada 13 orang peserta hadir mengikuti acara ini. Kegiatan di mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Rasanya cepat sekali waktu berlalu.

Kegiatan ini saya adakan dalam rangka mengajak kawan-kawan guru untuk bisa menjadi blogger sekaligus youtuber. Kami langsung membuat WA Group agar dapat terus belajar dan saling berkomunikasi. Sehingga bila ada materi baru, kawan-kawan peserta dapat mengupdate ilmunya. Kita bisa saling berbagi ilmu dan mempublikasikan youtube chanelnya masing-masing.

Selama ini saya melihat dan mendapatkan informasi kalau pelatihan menjadi blogger dan youtuber sangat mahal biayanya. Mereka mengadakannya di hotel, dan menginap. Tentu saja biayanya menjadi mahal. Seorang kawan pernah mengikutinya dengan biaya Rp. 1.000.000,- per orang. Tentu uang sebanyak itu sangat besar bagi seorang guru.

Awalnya saya belum percaya diri untuk mengadakan workshop ini. Ibu Betti memberi semangat. Katanya cafe sekut coffe bisa dijadikan tempat untuk acara workshop dan GRATIS. Tentu saja saya senang dan biaya pengeluaran bisa ditekan. Kita tidak perlu sewa tempat dan bayar kebersihan. Kita hanya mengeluarkan biaya konsumsi dan cetak sertifikat saja.

Dengan uang yang ada tersebut, kita bisa melaksanakan workshop murah meriah karena tak ada dana dari sponsor. Saya pun sudah mengikhlaskan diri untuk dibayar 2M (Makasih Mas) hahaha.

Saya menjadi ingat pesan orang bijak. Bila kita mau berbagi ilmu dan pengalaman, maka ilmu kita bukannya semakin habis, tapi malah justru semakin bertambah. Hal itulah yang saya rasakan ketika mendapatkan banyak pertanyaan dari para peserta workshop menjadi blogger dan youtuber.

Banyak peserta yang tidak membawa laptop. Mereka hanya membawa HP saja. Akhirnya saya ajarin saja untuk membuat video yang sangat sederhana untuk youtuber pemula. Kami saling mereka video. Mulai dari memperkenalkan diri sampai motivasi mengikuti kegiatan workshop. Semua itu saya upload ke akun youtube channell saya di @wijayalabs.

Saat makan siang, ibu Betti menyiapkan nasi liwet dan ayam bakar. Makanan disajikan parasmanan. Saya melihat banyak peserta yang nambah makannya. Soalnya masakannya enak banget kata salah satu peserta. Tadinya saya juga kepengen nambah, tapi saya takut mengantuk karena kekenyangan. Lucu rasanya bila nara sumbernya malah ketiduran, hahaha.

Kegiatan workshop menjadi blogger dan youtuber ini baru pertama kali saya adakan. Jadi harap maklum kalau materinya belum sempurna. Pesertapun dengan senang hati menerimanya. Saya malah dapat ilmu dari salah satu peserta bagaimana mendapatkan uang dari youtube. Kalau mau nonton, bisa melihat di link ini.


Berikut ini pesan dan kesan dari salah satu peserta Workshop. Banyak sih yang bisa ditampilkan. Saya posting satu saja dulu. Barangkali membuat anda tertarik untuk ikut workshop menjadi blogger dan youtuber di gelombang kedua. Semoga bermanfaat. Aamiin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun