Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengajak Siswa Menjadi Blogger

25 Juli 2018   12:49 Diperbarui: 25 Juli 2018   13:25 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melaksanakan Pembelajaran TIK di SMP Labschool Jakarta| Dokumentasi pribadi

Anak-anak senang sekali belajar menulis di blog. Selama pelajaran TIK, saya mengajak siswa SMP Labschool Jakarta untuk menulis di blog dari kisah atau cerita liburannya. Terus terang saya tak menyangka cerita mereka bagus-bagus. Saya serasa menjadi seorang traveling yang berangkat dari satu kota ke kota lainnya. Sayapun tak perlu mengeluarkan biaya karena saya dapatkan infonya dari cerita anak-anak melalui blog mereka.

Awalnya saya ingin tahu kemampuan menulis mereka. Sekaligus melihat kemampuan mereka membaca tulisan dan kemudian memberikan komentarnya. Contoh komentar mereka ada dalam tulisan ini. Mereka saya minta untuk memberikan komentar tentang kegiatan Masa Pengenala Lingkusngan Sekolah tahun 2018 ini di blog yang saya kelola.

Setelah itu saya minta mereka menuliskan cerita liburannya di program pengolah kata micosoft word dengan jumlah minimal 500 kata, dan kemudian diposting di blog yang sudah mereka buat. Berikut contoh tulisannya:

Liburan Sekolahku (14)

Oleh: Hisyam Musyaffa

Absen/kelas:14/8D

          Halo namaku hisyam dan aku akan menceritakan tentang liburanku. Liburanku dimulai pada 14 Juni 2018, aku dan keluargaku pergi ke Bandung untuk mengunjungi kakek, nenekku, dan saudara-saudaraku. Pada hari itu, aku dan keluargaku sarapan pada jam 3 dan berangkat ke Bandung dengan mobil, aku dan adikku tidur sampai jam 8. Saat kita sampai di rest area aku pergi ke toilet dan main  game selama 30 menit. Selesai di rest area kita langsung segar dan dari rest area sampai bandung aku dan adikku main handphone, game yang aku dan adikku sering mainkan adalah PUBG dan minecraft. Saat kita sampai di Bandung, ayahku membeli makanan di indomaret untuk buka puasa, setelah itu kita langsung pergi ke rumah kakekku dan nenekku. Di rumah kakekku dan nenekku kita menunggu saudara-saudara yang belum sampai. Saat mereka sampai, kita sholat jama qasar dan setelah itu aku adikku, dan 2 sepupuku main PUBG bersama. Keesokan harinya, kita semua makan sahur dan saat azan kita sholat shubuh bersama. Saat menunggu buka puasa, kita hanya nonton TV dan main game.

16 Juni 2018

            Saat idul fitri, kita semua pergi sholat id dan setelah itu kita bersalam-salaman. Setelah itu, kita mendapat kabar sedih, nenek buyutku meninggal dunia. Setelah bersiap-siap, kita semua berangkat ke Majalengka. Tapi, karena telat mendapat beritanya, kita tidak melakukan sholat jenazah dan menguburkannya, setelah ke kuburan, kita bersilaturahmi ke kenalan dan keluarga nenek buyutku. Setelah kita di Majalengka, kita pergi kembali ke Bandung dank arena kita sampai pada jam 9 kita langsung tidur.

17 juni 2018

            Hari ini aku dan keluargaku pergi bersilaturahmi ke rumah rumah keluarga kekekku dan nenekku. Hari ini tidak terlalu seru karena kita tidak melakukan apa apa. Setelah itu selesai kita mengucapkan goodbye dan pergi ke Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun