Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Animal Lover

Smile! It increases your face value -www.tomcil.com

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Artikel Utama

Kenali "Notes" Wangi Tubuhmu!

9 Agustus 2019   08:46 Diperbarui: 10 Agustus 2019   13:12 0 20 12 Mohon Tunggu...
Kenali "Notes" Wangi Tubuhmu!
Sumber ilustrasi: (via Thinkstock) | Kompas.com

Saat membeli minyak wangi atau parfum, apakah yang Kompasianers pertimbangkan pertama kali? Merk-nya kah? Jenis baunya? Atau harganya? Tahukah kalau minyak wangi yang kalian semprotkan pada tubuh terbagi dalam 3 level kategori, yang dikenal dengan istilah Notes?.

Beberapa waktu lalu, saat saya kebetulan mampir di salah satu Department Store yang cukup bergengsi di negeri Paman Sam, Bloomingdales. Saat sedang melihat-lihat parfum yang berderet rapi di dalam lemari kaca, tiba-tiba penjaga konter datang menyapa dan menanyakan minyak wangi apa yang diinginkan. Saya sempat "gelagapan" menjawab berhubung begitu banyaknya pilihan.

Dan tambah semakin "gelagapan" lagi ketika kemudian ditanya mau level notes yang mana. Wadoh! Saya baru tahu kalau notes ternyata ada juga pada dunia minyak wangi! Saya kira cuma ada pada dunia musik dan tarik suara.. ha..ha!

Beruntung Summer, nama penjaga konternya yang selain cantik, sabar juga mau berbagi banyak pengetahuan seputar dunia minyak wangi.

Notes pada Minyak Wangi
Parfum menggunakan bahan dasar minyak dan wewangian, karena itu disebut minyak wangi. Terdapat tiga (3) level tingkat kewangian, inilah yang di sebut Notes. Semakin tinggi tingkat kosentrasi minyak wanginya semakin mahal harganya.

Level 1 atau Top Notes. Konsentrasi minyak wanginya (fragrance oil) sangat rendah, setelah kita semprotkan baunya akan langsung tercium tapi hanya bertahan 10-15 menit. Setelah itu perlahan baunya akan menghilang.

Level 2 atau Middle/Heart Notes. Kosentrasi minyak wanginya (fragrance oil) sedang. Bau tidak tercium langsung tapi perlahan-lahan, setelah 10-15 menit, saat level Top Notes menghilang, minyak wangi level 2 ini baunya malah semakin tercium dan biasanya awet hingga satu jam bahkan lebih.

Level 3 atau Base Notes. Penggunaan kosentrasi minyak wanginya (fragrance oil) paling tinggi dibanding level 1 dan 2 jadi baunya akan bertahan lebih lama, hingga beberapa jam. Kita juga tidak perlu banyak-banyak memakainya.

Yang termasuk di level 1-Top Notes: Body splash, body spray, after shave dan eau de cologne. Eau de cologne tingkat kosentrasi fragrance oil-nya adalah yang tertinggi di level ini.

Eau de toilette dan Eau de parfum. masuk kategori level 2-Middle/Heart Notes, namun eau de parfum tingkat kosentrasi fragrance oil-nya tertinggi di level ini.

Pure perfume (cair) dan solid perfume (gel) masuk di level 3-Base Notes.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4