Mohon tunggu...
Wicaksana Adi
Wicaksana Adi Mohon Tunggu... Penulis Pemula

ig : wicaksna_adi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hati-hati Pilih Jurusan Kuliah, Pastikan Kalian Tahu 5 Hal ini Sebelum Memilih!

21 November 2019   19:06 Diperbarui: 21 November 2019   19:25 23 1 0 Mohon Tunggu...

Pendaftaran SNMPTN semakin dekat, sudahkah kalian menentukan jurusan yang akan kalian ambil ? 

Eits sebelum itu pastikan dulu kalian sudah benar - benar paham 5 hal berikut :

1. Pastikan dimana jurusan kuliah yang akan kalian ambil 

Mendapatkan jurusan kuliah yang diminati tentu merupakan dambaan semua orang. Tidak sedikit perjuangan yang sudah dikerahkan selama berada di sekolah menengah atas untuk mendapatkan jurusan kuliah yang didambakan. Namun pastilah persaingan dan kompetisi tidak dapat dielakkan. Salah satu yang harus menjadi perhatian adalah dimana jurusan kuliah yang akan anda ambil tersebut berada. 

Jurusan kuliah yang kalian pilih belum tentu sama kapabilitas, kualitas dan akreditasinya dengan jurusan kuliah di kampus atau universitas lain. Jadi pastikan kalian tidak hanya menentukan jurusan kuliah  yang akan anda ambil namun membandingkannya juga dengan jurusan yang sama yang berada di kampus - kampus atau universitas lain. Bisa jadi dengan pertimbangan lain bisa mengubah atau menambah wawasan anda tentang jurusan yang kalian akan ambil. 

2. Mengerti tentang tantangan hidup mandiri 

Kuliah bukan hanya sekedar belajar, berbeda halnya ketika kita sekolah kita masih banyak bergantung pada orang tua untuk segala kebutuhan baik makanan, tempat tinggal dan segala hal yang masih mungkin mereka bantu. Namun semakin beranjak dewasa kita harus semakin paham tentang apa arti menjadi seorang pribadi yang mandiri. Tidak hanya mandiri dalam artinan finansial namun juga mandiri dalam hal mengambil keputusan dan bertindak. 

3. Paham tentang tantangan dunia luar

Hidup bersama dengan orang lain tentu bukan suatu hal yang mudah. Bisa belajar hidup bersosial selama berkuliah merupakan modal untuk dapat diaplikasikan di masyarakat nantinya. Belajar tata cara bersikap dan berbicara dengan orang lain sehingga bisa menimbulkan hubungan yang hamonis dengan orang  lain karena kelak nantinya ilmu yang kita dapatkan dibangku kuliah harus di aplikasikan di masyarakat dan hal tersebut sangatlah tidak mungkin tanpa modal kerjasama dan sosialisasi dengan orang lain. Jadi perbanyaklah teman dan relasi selama kuliah, sambil juga mengasah kemampuan bersosialmu

4. Mengerti dan Paham betul mengenai prospek jurusan yang kalian akan ambil

Prospek jurusan pastilah menjadi satu hal yang wajib dipertimbangkan bagi para calon mahasiswa, tidak sedikit mahasiswa yang merasa salah ambil jurusan karena melihat prospek jurusan yang ternyata tidak sesuai dengan harapannya. Sebagai seorang yang akan segera dewasa tentulah kalian harus bijak - bijak dalam memilih dan kalian juga harus paham dan sadar jika tiap jurusan memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN