Mohon tunggu...
Whitney Mega Talahatu
Whitney Mega Talahatu Mohon Tunggu... Guru - Guru #socialstudies

🪔 Refleksi Guru yang sedang belajar. https://balaamsdonkey95.blogspot.com/💬 https://megaphotoworkpromote.blogspot.com/ 📷

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Guru Sering "Spoon Feeding" Materi, Yuk Terapkan Experiential Learning!

17 September 2021   19:16 Diperbarui: 26 September 2021   14:55 82 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Guru Sering "Spoon Feeding" Materi, Yuk Terapkan Experiential Learning!
Experiential Learning. Sumber : Whitney Mega Priskila Talahatu

Waktu berputar begitu cepat, setiap hal berlalu tanpa jeda. Manusia bersaing dengan keadaan, menunjukan keangkuhan karena mampu berlari tanpa istirahat. 

Zaman ini, manusia lebih berfokus pada kepuasan diri, bahwa aktivitasnya terasa baik apabila semuanya dapat dilewati begitu saja. Hal terpenting adalah saya mampu mengikuti ritme sebuah aktivitas dan mencapai sebuah standar kehadiran di absensi. 

Sebagai guru saya melihat pemikiran ini yang sedang berkembang selama pembelajaran daring.  

Benar adanya, pengertian, pemahaman mendalam dan pemahaman sepanjang hayat adalah poin akhir dari daftar panjang di pemikiran pembelajar. Alhasil, banyak dari kita yang mengartikan belajar hanya terhenti pada hasil dan tidak memperhitungkan proses di dalamnya.

Seorang doctor yang memulai karir sebagai filsuf di tahun 1879 sudah memprediksi pemikiran pembelajar di zaman ini sejak dahulu. John Dewey yang dikenal sebagai bapak Pendidikan Amerika, mengerti betul tentang pemikiran manusia di abad ini dan penerapannya di lingkungan Sekolah. Menilik pada pertumbuhan anak, Dewey mengerti sekali. 

Guru terkadang tidak pernah benar- benar mengajarkan kepada anak didik untuk tenang dan memikirkan hal yang sudah terjadi sepanjang waktu belajar, hingga semua hal berlalu seperti rutinitas biasa. Mereka akan bersahabat dengan kesalahan yang sama kemudian tidak akan pernah mampu membuat konklusi terbaik.

Seperti dewey, saya percaya bahwa letak kehidupan itu sendiri bersumber dari Pendidikan. Dalam Pendidikan, manusia secara sadar mengenal kehidupannya, mengelola diri, hingga menentukan diri dan kehidupannya kepada nilai. 

Di mana pengalaman dan pengetahuan manusia berporos pada keterampilan reflektif yang dapat menggerakan manusia kepada kehidupan sejati. 

Maka, salah satu cara terbaik agar anak didik dapat mengejar pemahaman sepanjang hayat, menerapkan " Experiential Learning" yang merupakan buah pemikiran Dewey, sangat baik.

Proyek kecil yang pernah saya lakukan di kelas sosiologi adalah kegiatan observasi. Mereka mampu melakukannya di tengah situasi pandemi ini tapi tidak terhalang sekat dan fasilitas yang kurang memadai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan