Mohon tunggu...
Wening Yuni
Wening Yuni Mohon Tunggu... -

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta email: weningyuni@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hakikat Pendayagunaan Sumber

4 April 2015   10:25 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:33 2923
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

1.Pengertian Pendayagunaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendayagunaan memiliki arti pengusahaan agar mampu mendatangkan hasil dan manfaat; pengusahaan (tenaga dsb) agar mampu menjalankan tugas dengan baik; efisien.[1] Sedangkan dalam Oxford Dictionary pendayagunaan atau utility diartikan dengan “usefull, especially through being able to perform several functions.[2] (Berguna, terutama melalui kemampuan untuk melakukan beberapa fungsi). Kemudian menurut Nurhattat Fuad, pendayagunaan sering juga diartikan sebagai pengusahaan agar mampu mendatangkan hasil dan manfaat.[3]

Dari beberapa pengertian di atas, maka dapat disintesakan bahwa pendayagunaan adalah suatu usaha untuk mendatangkan hasil atau manfaat yang lebih besar dan lebih baik dengan mamanfaatkan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki. Pendayagunaan ditujukan untuk memanfaatkan segala potensi yang melekat pada sumber daya yang dimiliki secara optimal.

Pada konteks sekolah, pendayagunaan dapat dilakukan hampir kepada semua sumber daya yang dimiliki seperti sumber daya manusia yang meliputi guru, pegawai, siswa, komite sekolah, maupun alumni. Selain itu, pendayagunaan juga dapat dilakukan pada sumber daya fisik maupun finansial yang dimiliki oleh sekolah. Sarana dan prasarana seperti tanah, bangunan, lapangan maupun hal lainnya dapat didayagunakan guna membantu upaya mewujudkan visi dan misi sekolah. sarana pendidikan merupakan hal-hal yang berkaitan langsung dengan kegiatan pembelajaran di kelas, sedangkan prasarana adalah hal-hal yang tidak secara langsung berkaitan namun menunjang terlaksananya proses pembelajaran di sekolah. Sumber lain yang dapat didayagunakan adalah sumber daya finansial. Sumber daya finansial merupakan salah satu hal vital yang harus didayagunakan dengan sebaik-baiknya. Hal ini bukan hanya menyangkut pembukuan sekolah, tapi juga menjamin keberlangsungan kegiatan belajar pembelajaran di sekolah.

2.Tujuan Pendayagunaan

Kegiatan pendayagunaan pada dasarnya bertujuan mendatangkan manfaat atau hasil dengan memanfaatkan sumber-sumber yang dimiliki. Pada satuan pendidikan, pendayagunaan bertujuan mendukung upaya menuwujdkan visi dan misi sekolah dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara optimal. Pendayagunaan juga menjadi salah satu opsi dalam meningkatkan kualitas sekolah.

3.Aspek-Aspek Pendayagunaan

Dalam upaya pendayagunaan sumber daya sekolah, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan dengan cermat, yaitu:

a.Perencanaan

Perencanaan merupakan hal yang sangat vital guna memastikan tiap-tiap sumber daya akan mendatangkan manfaat bagi sekolah.

b.Penggunaan

Setiap sumber daya yang memiliki nilai guna hendaknya dialokasikan sesuai dengan fungsinya. Hal ini ditujukan untuk menghindari adanya tumpang tindih fungsi dan kegunaan sumber.

c.Evaluasi

Tindakan evaluasi dilakukan hanya pada akhir masa penggunaan sumber, melainkan dimulai sejak tahap perencanaan. Evaluasi berguna untuk meminimalisasi adanya penyimpangan dan penyalahgunaan sumber.

4.Strategi Pendayagunaan

Strategi pendayagunaan adalah kiat-kiat atau cara yang dilakukan sebagai usaha atau tindakan untuk memberikan hasil dan manfaat yang lebih besar dalam rangka mensukseskan program pendidikan khususnya di sekolah adalah dengan mengerahkan sumber daya baik sumber daya manusia maupun sarana parasarana yang dimiliki.

5.Indokator Keberhasilan

Ada tiga hal yang menjadi indikator keberhasilan tercapainya pendayagunaan sumber di sekolah, yaitu:

a.Adanya perencanaan yang mengatur penggunaan sumber dengan mengacu pada kebutuhan sekolah.

b.Tiap-tiap sumber yang dimiliki digunakan dengan memanfaatkan daya atau potensi yang dimilikinya.

c.Dilakukannya evaluasi berkala guna memastikan tidak ada penyimpangan dan kesia-siaan dari sumber yang digunakan.

[1] http://bbi.web.id/dayagunadiakses pada 21 Januari 2015 pukul 15.31 WIB

[2] http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/utility?searchDictCode=all diakses pada 5 Februari 2015 pukul 16.04 WIB

[3] Nurhattati fuad, Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat, Jakarta: FIP PRESS, 2012, h. 82

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun