Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Pemikiran Ki Hajar Dewantara

18 Juli 2022   23:24 Diperbarui: 18 Juli 2022   23:54 182 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembelajaran daring/dokpri

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang Aksi Nyata Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara di kelas di SMA Negeri 1 Cililin. Aksi nyata ini dilaksanakan pada waktu sekolah saya masih pembelajaran daring, belum ada kebijakan untuk PTMT (Pembelajara Tatap Muka Terbatas). 

Setelah mempelajari modul 1.1 tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara rasa- rasanya banyak yang harus dirubah dalam hal pembelajaran. Saya sebagai Guru lebih mementingkan siswa, mengerti dan memaklumi siswa, menuntun siswa sesuai dengan kodrat alam dan jaman. 

Perasaan selama melakukan perubahan di kelas adalah sangat bahagia, termotivasi dan mencoba untuk menularkan energi positif ini ke siswa- siswa pada saat pertemuan virtual zoom meeting dan menularkan semangat kepada rekan- rekan Guru di sekolah. 

  1. Ide dan Gagasan yang muncul pada saat melakukan perubahan adalah
    Membuat bahan ajar sendiri berupa materi dalam bentuk video pembelajaran, materi di Blog, membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang sesuai dengan karakteristik siswa- siswa saya. 
  2.  Mengupload bahan ajar (video pembelajaran dan materi) ke berbagai media sosial seperti channel You Tube, Tiktok, Instagram, Blog agar memberikan kebebasan siswa untuk memilih bahan ajar sesuai dengan minatnya.
  3. Siswa dibebaskan untuk membuata catatan digital dan laporan Praktikum dalam bentuk digital (sesuai dengan kodrat jaman) 
  4. Siswa dibebaskan untuk berkolaborasi atau bekerja kelompok untuk menyelesaikan praktikum serta bereksplorasi dalam menuntaskan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), laporan praktikum, catatan digital.  

Pelaksanaan Pembelajaran

  1. Pembuatan bahan ajar (video pembelajaran, LKPD dan materi di Blog)  
  2. Upload LKPD video pembelajaran, materi di Blog dan video tutorial praktikum di Google classroom (asincronous)
  3. Pertemuan virtual zoom meeting (sincronous) membahas tuntas LKPD yang diberikan pada Google classroom.  
  4. Mengadakan evaluasi dengan Quisziz di Google classroom kemudian melakukan refleksi pembelajaran bersama siswa pada saat zoom meeting.

 Demikian tadi penjabaran tentang penerapan pemikiran Ki Hajar Dewantara di kelas. Berikut adalah video aksi nyata penerapan pemikiran Ki Hajar Dewantara di kelas. 

Mudah-mudahan bermanfaat. selalu jaga kesehatan, selalu bahagia. Salam Guru Penggerak...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan